Salin Artikel

Perintah Bupati Terkait Banjir Bandang di Lamongan

Pasca musibah, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mendatangi Kali Plalangan di Kecamatan Turi, untuk melihat kondisi dan situasi terkini pada Jumat (5/11/2021).

Yuhronur melakukan sidak bersama jajaran Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA), dengan didampingi oleh forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Turi.

Yuhronur meminta kepada dinas dan jajaran terkait untuk segera dilakukan aksi tanggap darurat penanggulangan banjir.

"Saya memerintahkan kepada OPD terkait, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas PU SDA, agar segera melakukan langkah cepat tanggap darurat banjir," ujar Yuhronur kepada wartawan, Jumat.

Sebelumnya, tingginya debit air membuat tanggul yang ada di Kali Plalangan jebol sepanjang 3 meter.

Yuhronur juga menyampaikan kepada semua pihak dan warga untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan, serta kesiapsiagaan.

"Berdasarkan data BMKG, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. Oleh karena itu, harus tetap ditingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," tutur Yuhronur.

Sementara itu, Kepala Dinas PU SDA Lamongan Muhammad Jupri menjelaskan, sebelum banjir bandang pada Kamis (4/11/2021) kemarin, telah dilakukan perbaikan tanggul Kali Plalangan yang berada di beberapa titik.

Namun, debit air yang cukup deras membuat tiga tanggul jebol dan mengalami kerusakan.

"Sebelumnya sudah dilakukan perbaikan di titik Desa Pomahanjanggan, di Desa Bambang, serta di Desa Balun," kata Jupri.

Musibah banjir di Lamongan pada Kamis kemarin juga terjadi di Desa Sendangrejo di Kecamatan Ngimbang, serta Desa Kalitengah di Kecamatan Sugio.

Banjir mengakibatkan sebanyak 36 rumah warga terdampak, dan sepanjang 40 meter jalan poros Desa Kalitengah mengalami kerusakan parah.

Pasca kejadian, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lamongan juga sudah terjun ke lapangan untuk melakukan koordinasi dan kaji cepat di lokasi.

Selain itu, untuk mengantisipasi kemungkinan banjir susulan, TRC membersihkan aliran sungai yang bermuara ke Waduk Gondang di Kecamatan Sugio.

Tidak hanya meninjau kondisi dan situasi terkini Kali Plalangan, Bupati Lamongan bersama jajaran juga menyempatkan untuk memberi bantuan logistik kepada warga korban banjir.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/06/062054578/perintah-bupati-terkait-banjir-bandang-di-lamongan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke