Salin Artikel

Sosok Jenderal Andika Perkasa di Mata Keluarga: Ketika Sudah Berpangkat Tidak Berubah...

Bagi keluarga di Blitar, Andika Perkasa merupakan sosok ramah dan supel bergaul dengan keluarga.

Hal itu disampaikan paman Andika, Masduki. Masduki merupakan suami Lilik Sukesi, adik dari ibu Andika yang bernama Udiati.

Masduki mengatakan, Andika tak berubah sejak masih menjadi Taruna. Ia dikenal ramah dan supel bergaul di keluarga.

"Ketika sudah berpangkat pun tidak berubah," kata Masduki saat ditemui Kompas.com di Kampung Gebang Kidul, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Rabu (3/11/2021) malam.

Masduki menyebut, kakek dan nenek Andika yang bernama Bajuri dan Tuminah merupakan warga Kampung Gebang Kidul, Kota Blitar.

Setiap mengunjungi Blitar, Andika selalu menyempatkan diri berziarah ke makam kakek dan neneknya di pemakaman umum Kelurahan Karanglo.

Saat masih menjadi siswa di Akademi Militer Magelang, Andika selalu ke Blitar setiap libur panjang.

"Dan ketika sudah mulai memiliki jabatan, dia seperti berusaha mengatur setiap adanya kunjungan kerja ke Blitar, biar bisa nyekar ke makam kakek dan neneknya serta bertemu kami," ujar Masduki.

Setidaknya, Andika selalu menyempatkan diri berkunjung ke Kota Blitar sekali dalam setahun.

Setelah mengunjungi makam kakek dan nenek, Andika akan menemui keluarga besarnya, paman, bibi, dan para sepupu.

Terakhir Andika mengunjungi keluarga di Kota Blitar pada 21 Oktober 2021. Saat itu, Andika menyempatkan diri di sela-sela kunjungan ke Markas Batalyon Infanteri 511 Blitar.

Andika pun sempat berfoto bersama keluarganya. Bahkan, kata Masduki, jenderal bintang empat itu mengenal hampir seluruh anak paman dan bibinya.

"Kalau ada sepupunya yang belum dia kenal atau dia lupa namanya, dia pasti akan tanya, 'yang ini siapa?'," ujar Masduki, pensiunan polisi berusia 80 tahun dengan jabatan terakhir sebagai kapolsek di wilayah Kota Blitar itu.


Sosok sederhana, seperti ayahnya

Masduki menilai Andika sebagai pribadi sederhana, seperti almarhum ayahnya, Sunarto.

Andika tetap sederhana dan supel meski telah menikah dengan istri salah satu petinggi militer saat itu, AM Hendropriyono.

Kesederhanaan itu, kata Masduki, diturunkan Sunarto yang merupakan seorang perwira militer. Kesederhanaan Sunarto memang tak perlu diragukan.

Ayah Andika yang merupakan pensiunan kolonel itu tak memiliki mobil pribadi hingga akhir hayatnya.

Keluarga militer

Keluarga besar Andika memang cukup akrab dengan militer. Selain ayahnya, tiga paman Andika juga anggota TNI. Sementara, satu paman lainnya seorang perwira polisi.

Masduki menjelaskan, kakek dan nenek Andika memiliki lima anak perempuan.

"Semuanya menikah dengan anggota TNI kecuali istri saya, Sukesi, yang menikahi saya anggota Polri," kata Masduki yang pensiunan polisi itu.

Ayah Andika, kata Masduki, merupakan pensiunan TNI AD asal Magelang dengan pangkat terakhir kolonel.

Sementara itu, kakek Andika yang menikahkan anaknya dengan anggota TNI dan Polri, merupakan seorang guru di SMPN 1 Kota Blitar.

Meski begitu, dari seluruh cucu pasangan Bajuri-Tuminah, hanya Andika yang menjadi anggota TNI.

Adik bungsu Andika, Bhirawa Braja Paksa, adalah perwira polisi berpangkat Komisaris Besar yang kini menjabat sebagai Kabid Propam di Polda Metro Jaya Jakarta.

Terkait anggapan bahwa Andika adalah sosok militer yang menjunjung tinggi profesionalisme, Masduki sependapat. Menurutnya, Andika adalah seorang prajurit TNI yang profesional.

KSAD itu juga masih menjaga nilai-nilai tradisi termasuk menziarahi makam kakek-neneknya serta menjaga hubungan kekeluargaan dengan saudara-saudaranya.

"Dan kami keluarga Blitar mendoakan semoga beliau amanah mengemban jabatannya jika nanti memang benar jadi dilantik sebagai Panglima TNI," ujarnya.

(KOMPAS.com - Penulis: Kontributor Blitar, Asip Agus Hasani | Editor: Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/06/051000578/sosok-jenderal-andika-perkasa-di-mata-keluarga--ketika-sudah-berpangkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke