Salin Artikel

Gempa Susulan, Sebuah Rumah Warga di Maluku Tengah Ambruk ke Laut

AMBON, KOMPAS.com - Sebuah rumah warga di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, ambruk dan tenggelam ke laut setelah gempa susulan 3,4 magnitudo mengguncang wilayah tersebut pada Jumat (5/11/2021) pukul 04.34 WIT.

Rumah warga yang ambruk dan tenggelam ke laut itu merupakan jenis rumah gantung yang berada tepat di atas laut di dekat pesisir pantai desa tersebut.

“Betul, ada satu rumah milik keluarga Umnagai di sini yang ambruk setelah gempa susulan tadi subuh,” kata warga setempat Fabio Mukadar, saat dihubungi Kompas.com dari Ambon, Jumat.

Dia mengaku, saat gempa utama berkekuatan 5,9 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut pada Kamis kemarin, rumah tersebut juga mengalami kerusakan.

“Jadi, itu sebenarnya sudah dari kemarin itu, pas ada gempa susulan langsung roboh,” kata dia.

Saat ini, pemilik rumah dan keluarganya mengungsi ke rumah kerabat mereka.

“Pemilik rumah tidak bisa tinggal lagi kondisi rumah sudah seperti itu,” ujar dia.

Kepala badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah Abdul Latif Kei mengakui rumah warga yang ambruk ke laut itu dipicu oleh adanya gempa susulan berkekuatan 3,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut tadi subuh.

“Iya, ada satu rumah warga yang ambruk ke laut setelah gempa susulan tadi subuh,” ujar dia.


Diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang kabupaten Maluku Tengah pada Kamis (4/11/2021) pukul 11.42 WIT.

Gempa tersebut berada pada lokasi 2.81 Lintang Selatan dan 129.34 Bujur Timur atau berjarak 16 kilometer bagian barat Wahai dan 27 kiolmeter timur laut Sawai, Maluku Tengah, dengan pusat gempa berada 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Akibat gempa tersebut, belasan rumah warga di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah mengalami kerusakan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut dipicu oleh aktivitas sesar naik Seram Utara.

Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi itu juga memiliki mekanisme pergerakan geser naik atau Oblique Thrust Fault.  

https://regional.kompas.com/read/2021/11/05/161115278/gempa-susulan-sebuah-rumah-warga-di-maluku-tengah-ambruk-ke-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke