Salin Artikel

Gempa M 6,2 Guncang Nias Barat Dini Hari, Dirasakan hingga Padang Sidempuan

Pusat gempa berada pada koordinat 0,19 LU dan 96,58 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 130 km arah barat daya, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, pada kedalaman 16 km.

“Getaran gempa tercatat pada alat pencatat gempa di BMKG Gunungsitoli dengan besaran 6,2 SR,” ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Gunungsitoli, Buha M Simanjuntak, lewat pesan WhatsApp, Selasa.

Gempa dirasakan di Nias Selatan, Gunungsitoli, Teluk Dalam, dan Padang Sidempuan pada skala intensitas III MMI, serta di Nias Utara II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera. 

Gempa susulan berdasarkan laporan masyarakat juga dirasakan di Nias Barat III-IV MMI, Nias Selatan III -IV MMI, Gunungsitoli III-IV MMI, Nias Utara III-IV MMI, dan Pak Pak Barat II MMI. 

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/02/061339278/gempa-m-62-guncang-nias-barat-dini-hari-dirasakan-hingga-padang-sidempuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke