Salin Artikel

BMKG Sebut Jatim Telah Masuk Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto mengatakan, semua daerah di Jatim telah mengalami curah hujan yang sangat signifikan.

"Secara umum kabupaten dan kota di Jatim sudah mulai masuk musim hujan pada bulan ini (November)," kata Teguh saat dikonfirmasi, Senin (1/11/2021).

Berdasarkan data yang dimilikinya, hujan akan mengguyur wilayah Malang, Probolinggo, dan Bondowoso, pada hari ini.

Lalu, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi pada siang hingga sore di Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kediri, Malang, Kota Batu, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Teguh menyatakan, berdasarkan prakiraan, cuaca ekstrem tak terjadi pada malam hari. Namun, curah hujan dengan intensitas rendah masih mengguyur sejumlah wilayah.

"Nah untuk malam hari cuaca ekstrem tidak terjadi karena diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan hingga sedang. Dini hari, cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan," ungkap dia.

Pada Selasa (2/11/2021), BMKG memperkirakan hujan turun pada pagi hari di Mojokerto, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan Bondowoso.

Lalu, pada siang hari hingga sore, hujan mengguyur wilayah Tuban, Ponorogo, Blitar, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Bangkalan.

Pada Rabu (3/11/2021), hujan turun di Mojokerto, Malang, Probolinggo, Lumajang, Jember, dan Pamekasan, pada pagi hari.

"Untuk siang hingga sore hari perkiraan kami terjadi hujan di wilayah, Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, Malang dan Lumajang," papar Teguh.

Teguh mengimbau agar seluruh masyarakat Jatim mewaspadai cuaca ekstrem pada musim hujan.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat," imbuh Teguh.

Teguh meminta agar masyarakat aktif memantau kondisi cuaca yang dipublikasikan melalui akun Instagram @infobmkgjuanda, agar selama musim penghujan bisa mengantisipasi hal buruk yang akan terjadi.

"Peringatan dini tiga harian itu selalu kami update sebagai informasi kepada publik," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/01/170107078/bmkg-sebut-jatim-telah-masuk-musim-hujan-masyarakat-diminta-waspadai-cuaca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke