Salin Artikel

Sering Padamkan Listrik karena Cuaca Ekstrem, PLN Blora Minta Maaf

Manajer PLN ULP Blora, Andri Yoga Prathama mengatakan pemadaman listrik tersebut akibat peristiwa cuaca ekstrem yang sering terjadi beberapa hari ini.

"Kemarin itu tercatat ada tiga kali berturut-turut itu di Tanggal 29, 30, dan 31 Oktober, yang memang padamnya itu cukup lama, kami sampaikan karena terkait dengan adanya cuaca ekstrem," ucap Andri saat ditemui Kompas.com di kantornya, Senin (1/11/2021).

Dampak dari cuaca ekstrem tersebut membuat banyaknya pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik.

Keadaan itu disebut butuh waktu lama untuk diperbaiki.

Selain itu, sejumlah kecamatan seperti Todanan, Ngawen, dan Japah, lokasi wilayahnya tersebut berada di posisi paling ujung dari sumber tegangan yang ada di Tunjungan.

Akibatnya, PLN membutuhkan waktu untuk memperbaiki jaringan yang rusak akibat gangguan alam tersebut.

"Terkait dengan pemadaman listrik, kami dari PLN Blora pastinya menghaturkan permohonan maaf kepada pelanggan-pelanggan kami yang akhir-akhir ini banyak sekali adanya gangguan di pasokan listrik kami," jelas dia.


Agar kondisi tersebut tidak semakin dikeluhkan oleh masyarakat, Andri mengaku telah menurunkan tim untuk melakukan mitigasi di sejumlah lokasi-lokasi yang dikhawatirkan terjadinya pohon tumbang.

"Kami juga meluncurkan tim untuk tiap hari melaksanakan inspeksi, jadi apabila ada semacam potensi-potensi adanya gangguan pohon, kami pun sudah meluncurkan tim untuk melaksanakan perabasan," ujar dia.

Dalam melakukan inspeksi ataupun pemulihan jaringan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan warga sekitar.

"Kami menyampaikan terima kasih karena memang sudah membantu kami bersama-sama melakukan evakuasi terhadap gangguan jaringan," kata dia.

Tak hanya itu saja, pihaknya juga memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan terkait kelistrikan.

"Untuk kontak person kita ada di 123, kemudian untuk pelaporan kami pun juga sudah ada aplikasi PLN Mobile yang dapat didownload dari playstore, untuk pengaduan, untuk keluhan, dan semua proses pelayanan di PLN ada di aplikasi tersebut," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/01/144458178/sering-padamkan-listrik-karena-cuaca-ekstrem-pln-blora-minta-maaf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke