Salin Artikel

Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Ini Makna dan Sejarah Tempe Mendoan

Lantas apa makna yang terkandung dalam tempe mendoan selain tentunya sebagai makanan khas wilayah Pangiyongan?

Budayawan Ahmad Tohari menjelaskan, mendoan berasal dari akar kata mendo.

Tempe mendoan, kata dia, merupakan produk setengah jadi sebelum menjadi tempe kripik. Untuk menjadi kripik, tempe mendoan harus melewati dua kali penggorengan.

Nah mendoan merupakan hasil penggorengan tahap pertama.

Penulis Ronggeng Dukuh Paruk ini mengatakan, filosofi yang terkandung dalam tempe mendoan justru menjadi kaca benggala bagi warga Banyumas.

"Orang Banyumas tidak dianjurkan bermental mendoan, walaupun memproduksi tempe mendoan. Mental mendoan itu tidak bagus, orang Banyumas sendiri tidak suka," ujar Tohari.

Menurut Tohari, watak orang-orang Banyumas merupakan pekerja keras.

Lantas sejak kapan orang di Banyumas mulai mengenal tempe mendoan?

Tohari tidak dapat memastikannya, namun diperkirakan tempe mendoan telah ada sejak abad ke-16 bersamaan dengan datanganya tempe dan tahu.

"Saya punya dugaan, ini dugaan saja, produksi makanan dari kedelai, termasuk tempet untuk mendoan juga ada kaitannya dengan tahu, tempe kecap, dan mungkin kendatangannya sejak zaman Majapahit abad ke-16," kata Tohari.

Tempe mendoan, kata Tohari, juga familier bagi warga di Banyumas Raya, meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tempe mendoan menjadi warisan budaya tak benda (WBTb) Indonesia.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 di Jakarta, Jumat (29/10/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/11/01/101510578/jadi-warisan-budaya-tak-benda-indonesia-ini-makna-dan-sejarah-tempe-mendoan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke