Salin Artikel

Penembakan Pos Polisi di Aceh Barat, 5 Orang Ditangkap, Barang Bukti Senjata Belum Ditemukan

KOMPAS.com - Polisi menangkap lima orang terduga pelaku penembakan pos polisi di Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat.

Mereka ditangkap oleh tim Direktorat Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Aceh dan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat pada Jumat (29/10/2021).

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan, penyidik sedang mengaitkan bukti dan keterangan saksi untuk menjerat lima terduga pelaku.

Winardy menyebutkan, hingga kini, petugas belum berhasil menemukan barang bukti senjata yang digunakan terduga pelaku saat melakukan penembakan pos polisi di Aceh Barat.

“Kami sudah geledah rumah terduga dan beberapa lokasi, belum kami temukan barang bukti senjata. Tapi, kami yakin dalam waktu dekat pasti akan terungkap secara terang terhadap motif dan pelaku,” ucapnya, Sabtu (30/10/2021).

Diduga dendam terhadap polisi

Menurut Winardy, kelima orang tersebut tengah dipersika secara maraton.

Ia menambahkan, terkait motif terduga pelaku melakukan penembakan, diduga dilatarbelakangi oleh perasaan dendam terhadap polisi.

Pasalnya, sebelum kejadian, kelima orang tersebut diburu oleh tim Satreskrim Polres Aceh Barat terkait perampokan emas.

“Beberapa minggu sebelum terjadi penembakan pos polisi, ada kelompok yang diduga lima orang itu melakukan aksi perampokan terhadap pendulang emas. Namun, walau masyarakat tidak melapor, polisi mengetahui aksi itu sehingga dilakukan penyedikan, makanya mereka dendam dan menembak pos polisi,” ujarnya.

Benda-benda tersebut berserakan di sekitar lokasi kejadian.

"Ada selongsong dan proyektil peluru yang menempel di dinding pos polisi dan pada mobil masyarakat yang parkir di sekitar TKP," ungkap Winardy, Kamis (28/10/2021).

Dia menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan pos polisi di Aceh Barat itu.

Pos polisi di Gampong Manggi, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, ditembaki oleh orang tak dikenal pada Kamis (28/10/2021) sekitar pukul 03.15 WIB.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Kompas TV Aceh, Raja Umar | Editor: Robertus Belarminus, Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/10/31/125236278/penembakan-pos-polisi-di-aceh-barat-5-orang-ditangkap-barang-bukti-senjata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke