Salin Artikel

SGS 2021 di Solo Resmi Ditutup, Nilai Transaksi Capai Rp 1,1 Triliun

Penutupan SGS 2021 ditandai dengan pelepasan burung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan panitia.

Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Solo Gareng S Haryanto mengatakan, meski di tengah pandemi Covid-19, nilai transaksi SGS 2021 yang berlangsung dari tanggal 1-31 Oktober melampaui target yang ditentukan.

Panitia sebelumnya manargetkan nilai transaksi SGS 2021 sebesar Rp 800 miliar.

"Alhamdulillah, sampai sekarang hasilnya sangat signifikan. Target kita Rp 800 miliar sekarang Rp 1,1 triliun," kata Gareng dalam penutupan SGS 2021 di Bengawan Solo Park, Minggu.

Menurut dia peningkatan juga terjadi pada jumlah tenant. Sebelumnya, panitia menargetkan ada 20.000 tenant yang bergabung dalam SGS 2021. 

Jumlah itu meningkat menjadi 22.275 tenant yang terdiri dari berbagai bidang usaha, transportasi, perhotelan, pelaku ekonomi hingga pasar tradisional.

Pihaknya berharap SGS mampu menjadi momentum percepatan pemulihan ekonomi di saat pandemi Covid-19 di Solo.


Ganjar berharap daerah lain meniru

Gareng mengatakan SGS tahun ini mengusung tema 'Memanfaatkan Potensi Ekonomi Digital untuk Solo Melompat Lebih Jauh'.

Sehingga, lanjut dia selama pelaksanaan SGS aspek penggunaan digital ekonomi menjadi prioritas termasuk penggunaan berbagai macam marketplace dan sistem pembayaran digital.

"Ini sejalan dengan program Bank Indonesia Adipati Qris yang mempermudah masyarakat dalam pembayaran transaksi pembelian baik online maupun offline," ungkap dia.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi panitia SGS 2021 yang bekerja keras sehingga capaian nilai transaksi SGS 2021 mampu melampaui target.

"Menurut saya top. Target Rp 800 miliar bisa sampai Rp 1,1 triliun," kata Ganjar.

Pihaknya berharap inovasi yang dimiliki Solo berupa SGS bisa ditiru daerah lain di Jawa Tengah dalam rangka meningkatkan sektor perekonomian selama pandemi.

"Harapannya kota lain meniru dengan cara yang bermacam-macam," terang Ganjar.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berharap SGS bisa kembali diselenggarakan pada tahun depan untuk mendongkrak perekonomian.

"Karena (SGS) ini benar-benar bisa meningkatkan ekonomi di Solo," ungkap putra sulung Presiden Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/31/125118178/sgs-2021-di-solo-resmi-ditutup-nilai-transaksi-capai-rp-11-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke