Salin Artikel

Hujan dan Angin Kencang Terjang Ponorogo, Atap Kampus IAIN Rusak hingga Pohon Tumbang Tutup Jalan Raya

PONOROGO, KOMPAS.com - Hujan disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mengakibatkan kerusakan bangunan, pohon tumbang hingga listrik padam, Jumat (29/10/2021) sore.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono menyatakan, bencana angin kencang menyebabkan empat pohon tumbang dan atap kampus IAIN Ponorogo rusak.

“Satu pohon tumbang di wilayah Desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan mengakibatkan badan jalan jalur Ponorogo-Madiun tertutup. Kondisi itu mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas hingga satu jam lebih,” kata Budi, yang dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (29/10/2021) malam.

Tak hanya itu, lanjut Budi, di desa yang sama juga dilaporkan pohon nangka dan pohon mangga tumbang menimpa kabel PLN. Akibatnya, kabel yang mengalir ke masjid putus.

Selain itu, angin kencang juga mengakibatkan pohon menimpa kabel Telkom dan kabel PLN di ruas jalan Puspita Raya, Desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo.

“Kondisi itu mengakibatkan kabel PLN putus hingga membuat listrik padam di pemukiman sekitarnya,” ujar Budi.

Untuk kejadian pohon tumbang, tim BPBD dan relawan ke lokasi memotong dan membersihkan pohon yang tumbang dengan gergaji mesin.

Dengan demikian lalu lintas di ruas jalan kembali normal.


Atap Kampus IAIN Ponorogo rusak

Hujan disertai angin kencang juga berdampak pada bangunan fisik Kampus 2 IAIN Ponorogo di Jalan Niken Gandini, Kelurahan Ngrupit, Kecamatan Jenangan.

Budi mengatakan, bencana angin kencang mengakibatkan atap di gedung perkuliahan sebelah selatan sebagian rusak. Tak hanya itu, satu baliho dilaporkan roboh.

“Sekitar jam 14.33 WIB sekitar wilayah Jenangan terjadi hujan deras disertai angin berlangsung selama 20 menit. Hal ini mengakibatkan atap di gedung perkuliahan sebelah selatan sebagian rusak dan satu baliho depan kampus 2 IAIN roboh,” kata Budi.

Selain itu, dilaporkan kaca di gedung perkuliahan sebelah selatan pecah terkena robohan atap yang tersapu angin kencang.

Budi memastikan, tidak ada korban jiwa dan korban luka dalam peristiwa bencana angin kencang yang melanda Ponorogo sore tadi.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/29/204636078/hujan-dan-angin-kencang-terjang-ponorogo-atap-kampus-iain-rusak-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke