Salin Artikel

Menko PMK Muhadjir: Kemiskinan Ekstrem Harus Nol pada 2024

Hal ini disampaikan Muhadjir dalam acara penyerahan perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan kepada ribuan nelayan, guru ngaji, guru mingguan, serta Ketua RT dan RW oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin secara simbolis, di Pelabuhan Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (29/10/2021).

Program tersebut diapresiasi Muhadjir karena searah dengan yang diharapkan Presiden Joko Widodo, serta menjadi salah satu cara untuk meniadakan kemiskinan ekstrem di Kota Probolinggo.

"Program itu sudah nyambung dengan arahan presiden. Kesejahtaraan masyarakat di Kota Probolinggo perlahan-lahan akan semakin membaik bila program ini berjalan lancar. Pada tahun 2024 nanti, kemiskinan ekstrem ditargetkan harus nol," ujar Muhadjir kepada Kompas.com, Jumat.

Di sisi lain, Muhadjir meminta pemkot tak hanya memberikan perlindungan untuk BPJS Ketenagakerjaan, tapi juga BPJS Kesehatan.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainuddin mengatakan, saat ini sekitar 83.000  penduduk Kota Probolinggo perlu di-cover BPJS Ketenagakerjaan.

"Wali kota ingin pada tahun 2024 nanti seluruhnya terlindungi 100 persen, dan itu bagus. Sehingga nanti kemiskinan ekstrem bisa tiada dan kemiskinan baru bisa dicegah," tukas Zainuddin.

Sementara itu Wali Kota Hadi menegaskan, program tersebut merupakan bentuk pemerintah hadir di tengah masyarakat agar tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan mereka.

"Kami hadir untuk memberikan bantuan berupa Perlindungan Program BPJS Ketenagakerjaan. Pemkot bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam hal ini. Ke depannya, kelompok lain juga kami berikan perlindungan, seperti petani, tukang becak dan lainnya," jelas Hadi.

Pihaknya terus berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dimulai secara bertahap karena menyesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada.

Pada launching yang dihadiri puluhan masyarakat dengan menerapkan prokes tersebut,  Hadi dan Muhadjir juga menyerahkan secara simbolis bantuan listrik untuk tempat ibadah.

Diketahui, beberapa waktu lalu Pemkot Probolinggo membantu tagihan listrik sejumlah tempat ibadah di Kota Probolinggo pada momen Hari Santri 2021. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/29/145134978/menko-pmk-muhadjir-kemiskinan-ekstrem-harus-nol-pada-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke