Salin Artikel

Tanah Longsor Landa Puncak Bogor, Satu Unit Rumah Rusak

Badan penanggulangan bencana daerah setempat melaporkan bahwa peristiwa tersebut terjadi di kawasan Puncak Bogor atau tepatnya di Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi.

"Betul ada longsor di Ciawi (kawasan Puncak), tapi tidak ada korban jiwa dan tergolong tidak besar," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim untuk menanggulangi peristiwa bencana tersebut. Berdasarkan laporan di lapangan, terdapat satu unit rumah rusak tertimpa pohon mengkudu imbas dari longsor tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa bencana itu terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi di kawasan Puncak Bogor sejak siang hingga sore.

Sehingga mengakibatkan tebingan setinggi empat meter dengan panjang tujuh meter longsor dan membuat satu pohon ikut roboh sekitar pukul 14.48 WIB.

"Disebabkan hujan intensitas tinggi mengakibatkan tanah tebingan milik Espemia mengalami longsor, yang mana tanah tersebut terdapat pohon pace dengan diameter 35 sentimeter roboh menimpa rumah di bawahnya sehingga mengalami kerusakan," ungkapnya.


Satu unit rumah rusak

Aris memastikan tidak ada korban luka-luka di dalam rumah yang berada tepat di bawah tebing itu.

"Dari analisa, tanah longsor yang menyebabkan pohon tumbang hingga menimpa rumah itu karena terdapat drainase espemia (di atas tebing), dan ditambah tanah di sana merupakan tanah urugan," ungkapnya.

"Situasi akhir penanganan lebih lanjut evakuasi pohon tumbang," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/28/213253478/tanah-longsor-landa-puncak-bogor-satu-unit-rumah-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke