Salin Artikel

Hasil Pelacakan Klaster Keluarga di Sukorejo, Satgas Covid-19 Kota Blitar Temukan 6 Kasus Baru

Sebanyak tiga dari enam kasus baru itu dilaporkan pada Rabu (27/10/2021), sisanya dilaporkan hari ini, Kamis (28/10/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Didik Djumianto, setelah temuan enam kasus baru itu, pelacakan kontak erat klaster keluarga di Kecamatan Sukorejo dinyatakan selesai.

"Iya, kontak erat dari klaster keluarga di Bakung, Kecamatan Sukorejo," ujar Didik saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (28/10/2021).

Menurut Didik, dua dari tiga orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini dirujuk ke rumah sakit karena mengalami gejala.

"Tentunya kalau dirujuk itu ada sesuatu hal yang tidak memungkinkan bagi mereka untuk tiggal di isoter. Tidak harus bergejala batuk, sesak. Bisa juga lemas dan lain-lain," jelasnya.

Didik mengatakan, enam orang dalam satu keluarga di Kecamatan Sukorejo terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu (24/10/2021).

Dengan tambahan enam kasus baru itu, terdapat 12 kasus positif Covid-19 aktif di Kota Blitar. Jumlah ini tertinggi dalam tiga pekan terakhir, sejak Kota Blitar ditetapkan sebagai daerah uji coba PPKM level 1.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Dharma Setiawan mengatakan, klaster penyebaran Covid-19 di sebuah keluarga di Kecamatan Sukorejo diduga berasal dari perjalanan keluarga tersebut ke Kota Ambon, Maluku, beberapa waktu lalu.

Dharma mengatakan, sebanyak 10 orang dari keluarga itu pergi ke Ambon. Kembali dari Ambon, beberapa di antara mereka mengalami gejala seperti flu. Ketika dites, enam di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.


Masalahnya, kata Dharma, sebelum konfirmasi infeksi Covid-19 pada anggota keluarga itu diketahui, mereka sempat menghadiri dua acara yang melibatkan anggota keluarga besar di dua tempat berbeda di Kota Blitar.

"Jadi keluarga ini sempat menghadiri semacam welcome party gitu di dua tempat," tuturnya.

Menyusul diketahuinya konfirmasi positif terhadap enam orang tersebut, jelasnya, Satgas Covid-19 segera bekerja cepat mengidentifikasi daftar kontak erat.

Menurutnya, pihaknya harus mencari 24 kontak erat untuk setiap satu kasus konfirmasi sehingga terdapat lebih dari 100 orang yang harus dites dari klaster keluarga itu.

"Dan ini sekarang tidak mudah meminta orang sebanyak itu mengikuti tes Covid-19," ujarnya.

Meski terjadi sedikit kenaikan kasus dalam dua pekan terakhir di Kota Blitar, Dharma mengeklaim situasi Covid-19 masih terkendali dalam koridor PPKM Level 1.

Kota Blitar adalah daerah yang pertama kali turun ke PPKM Level 1 dan ditetapkan sebagai daerah uji coba fase new normal pada 5 Oktober.

Hingga Kamis sore, total kasus Covid-19 Kota Blitar sebanyak 6.997 dan kasus kematian 265 atau tingkat kematian sebesar 3,78 persen. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/28/172342678/hasil-pelacakan-klaster-keluarga-di-sukorejo-satgas-covid-19-kota-blitar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke