Salin Artikel

Terlibat Desersi hingga Kasus Asusila, 10 Anggota Brimob Polda Maluku Dipecat Tidak Hormat

AMBON,KOMPAS.com - Sebanyak 10 anggota Brimob Polda Maluku resmi dipecat dengan tidak hormat dari dinas kepolisian.

Pemecatan 10 anggota Brimob Polda Maluku ini berlangsung dalam upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) yang dipimpin langsung Kepala Satuan Brimob Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Guntur di markas Brimob Polda Maluku, Rabu (27/10/2021).

Dalam upacara tersebut, kesepuluh anggota Brimob yang dipecat tampak tidak hadir. Hanya foto-foto mereka yang dibawa anggota Provos Brimob.

Kepala Satuan Brimob Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Guntur membenarkan bahwa 10 anggotanya telah resmi dipecat dari dinas kepolisian.

“Benar tadi ada upcara pemecatan tidak dengan hormat 10 anggota,” kata Guntur kepada Kompas.com saat dikonfirmasi, Rabu (27/10/2021).

Guntur mengatakan, 10 anggota Brimob dipecat karena terlibat dalam sejumlah kasus yang dinilai telah menyalahi aturan.

“Semua ini kasus lama dan baru selesai putusan bulan ini sehingga baru kita upacarakan. Tujuh anggota terlibat desersi, dua anggota terlibat asusila, dan satu anggota lainnya terlibat penyalahgunaan senjata api,” ujarnya.

Ia pun berharap pemecatan 10 anggota Brimob itu dapat menjadi pembelajaran berharga bagi para anggota lainnya agar tidak membuat keselahan berat yang berujung pada pemecatan.

Guntur juga mengimbau anggotanya agar bekerja dengan baik dan bertanggung jawab, disiplin dan loyal terhadap institusi, bangsa dan negara.

“Kepada setiap anggota agar dapat mensyukuri apa yang diperoleh saat ini, bekerjalah dengan baik, disiplin dan bertanggung jawab, berbuatlah hal yang baik untuk diri sendiri, keluarga dan kesatuan serta masyarakat dan senantiasa bersyukur kepada Allah agar tetap mendapat berkah,” ungkapnya.

Upacara pemecatan anggota Brimob tersebut dihadiri langsung ratusan personel Brimob Polda Maluku lainnya.

Mereka ikut menyaksikan komandanya mencoret foto ke-10 anggota brimob yang dipecat tidak dengan hormat itu.

Setelah upacara pemecatan, acara dilanjutkan dengan apel gelar pasukan dan pesenjataan.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/27/183912878/terlibat-desersi-hingga-kasus-asusila-10-anggota-brimob-polda-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke