Salin Artikel

Gubernur Enembe Berharap Pacific Exposition 2021 Mampu Dongkrak Perekonomian di Timur Indonesia

KOMPAS.com - Gubernur Papua Lukas Enembe berharap event Pasific Exposition 2021 mampu mendongkrak perekonomian wilayah timur Indonesia dan menjadi mesin tambahan bagi pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Pernyataan tersebut ia sampaikan melalui Juru Bicara (Jubir) Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus dalam keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021).

Untuk diketahui, Pacific Exposition 2021 merupakan ajang pameran dagang, investasi dan ekonomi di Kawasan Pasifik. Pagelaran ini akan digelar secara daring dan diikuti oleh 20 negara yang berada di kawasan Pasifik termasuk Indonesia, Australia, dan Selandia Baru.

Menurut Rifai, penyelenggaraan kegiatan dua tahunan tersebut berdampak terhadap peningkatan ekonomi bagi daerah yang berada di kawasan Pasifik, termasuk Papua.

Ia meyakini, pintu perdagangan antarnegara Pasifik mampu memberi dampak yang luas bagi wilayah yang tengah berkembang.

"Gubernur Papua menilai bahwa Pacific Exposition 2021 merupakan terobosan yang sangat bermanfaat bagi negara-negara yang ada di Kawasan Pasifik, khususnya Indonesia,” ujar Rifai.

Untuk memanfaatkan momen tersebut, lanjut dia, Papua akan ikut berpartisipasi dengan menampilkan produk asli masyarakat setempat. Partisipasi Papua dalam gelaran ini diharapkan mampu mendapat pangsa pasar di wilayah Pasifik.

Tak hanya itu, kata Rifai, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua sendiri juga turut serta mengisi berbagai booth virtual dengan beragam produk unggulan.

“Gubernur mengatakan bahwa pada perhelatan ini, Papua ingin menunjukkan hasil bumi yang dipadukan dengan kreativitas 'Orang Asli Papua' agar dapat bersaing dan memiliki kualitas yang unggul serta berdaya guna," sebutnya.

Lebih lanjut, Rifai mengatakan, Gubernur Lukas Enembe memandang Pacific Exposition 2021 tidak hanya sebagai event perekonomian semata.

Sebab, imbuh dia, perhelatan tersebut juga sejatinya memupuk rasa persaudaraan lintas negara di Kawasan Pasifik.

“Kami tunjukkan pada dunia, bahwa Kawasan Pasifik sungguh erat tali persaudaraannya dan memiliki value yang tinggi dalam perekonomian global," ujar Rifai.

Oleh karena itu, ia menyatakan bahwa Gubernur Enembe ingin mengajak seluruh masyarakat Papua untuk mengunjungi Pacific Exposition 2021 secara virtual.

Tidak hanya Papua, masyarakat di wilayah Indonesia lainnya juga dapat menyaksikan Pacific Exposition 2021 dengan mengakses langsung ke laman website resmi Pacific Exposition.

 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/27/16211141/gubernur-enembe-berharap-pacific-exposition-2021-mampu-dongkrak-perekonomian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke