Salin Artikel

Kapal Kargo Tabrak Karang di Sorong Saat Hindari Tabrakan dengan KM Gunung Dempo

SORONG, KOMPAS.com - Sebuah kapal kargo bernama Darlin Isabel bermuatan kayu sebanyak 470 kubik dilaporkan menabrak karang di Pulau Dofior Sorong, Papua Barat, pada Selasa (26/10/2021) malam.

Kejadian itu terjadi saat Kapal Darlin Isabel hendak menuju Dermaga Sorong.

Namun, bersamaan dengan itu, Kapal Pelni Gunung Dempo berada dalam posisi dekat sehingga Kapal Darlin Isabel menghindar dan menabrak karang di sekitar Pulau Dofior, Sorong.

"Waktu kejadian itu bunyi benturannya sangat kuat. Orang di sekitar sini sempat kaget dan mencari tahu asal bunyi itu dari mana. Setelah kami cek, ternyata ada kapal yang kandas dan menabrak karang," kata Etus, saksi mata kejadian, Rabu (27/10/2021)

Pelaksana Harian Seksi Penjagaan Patroli dan Penyelidikan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong Usman mengatakan, peristiwa itu terjadi saat Kapal Darlin Isabel berangkat dari Dermaga Seget menuju Sorong.

Kebetulan bersamaan ada Kapal Gunung Dempo yang masuk ke Pelabuhan Sorong sehingga Kapal Darlin Isabel terpaksa menghindar dan menabrak karang.

Pihak KSOP Sorong sudah memintai keterangan dan pemeriksaan dokumen kelengkapan Kapal dan sejumlah Anak Buah Kapal (ABK) terkait insiden itu.

Hasil investigasi tersebut, kedua kapal bersama-sama menghindar dari tabrakan kapal.

"Kami akan menarik kapal itu dari permukaan karang setelah mengeluarkan seluruh isi muatan dari palka kapal tersebut dan melakukan survei underwater kira-kira ada kerusakan apa di kapal. Kami tidak bisa menarik kapal sementara waktu," ujar Usman, di Kantor KSOP Sorong.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/27/155630578/kapal-kargo-tabrak-karang-di-sorong-saat-hindari-tabrakan-dengan-km-gunung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke