Salin Artikel

Angkut Penumpang Belum Divaksin Masuk Terminal Wates, 2 Bus Diminta Putar Balik

Pasalnya, petugas menemukan sebagian besar penumpang yang juga calon wisatawan menuju Yogyakarta itu belum vaksin.

Kedua peristiwa tersebut terjadi pada akhir pekan di rentang 16-18 Oktober 2021, siang.

“Dua kasus (mobil pariwisata) kami putar balik. Kendaraannya minibus. Penumpangnya, kurang dari separuh belum vaksin. Mungkin wisatawan tahunya Level (PPKM) sudah turun lalu bisa bebas. Kita punya aturan,” kata Muh. Yani, seorang petugas di Terminal Wates, Selasa (26/10/2021).

Angkutan atau bus pariwisata masuk ke Yogyakarta akan melalui pengecekan persyaratan perjalanan di beberapa tempat di DIY, seperti Bandara Adi Sudjipto, Terminal Jombor dan Terminal Wates

Hal ini seiring dengan surat edaran yang diterbitkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY tentang pengaturan perjalanan orang ke DIY pada masa pandemi.

Pemeriksaan dilakukan pada orang dalam bus pariwisata.

Kendaraan itu bisa melanjutkan perjalanan ke kota bila okupansi muat penumpang tidak lebih 70 persen dan semua penumpang sudah menerima vaksin.

Berikutnya angkutan ditandai dengan stiker khusus lalu bisa melanjutkan perjalanan mengantar wisatawan ke Yogyakarta.

Pemeriksaan telah berlangsung pada beberapa akhir pekan sejak September 2021. Sedangkan di Wates, berlangsung pertengahan Oktober.

Dua dari banyak bus pariwisata yang datang dari arah Jawa Tengah, tidak lolos dan terpaksa kembali.

“Kami putar balik ke arah Barat (ke arah Purworejo), yang penting dari terminal ini tidak meneruskan ke Yogyakarta,” kata Yani.


Kepala Seksi Pengelolaan Terminal dari Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran Dishub DIY, Yunarti mengungkapkan, pemeriksaan berlangsung di terminal pada Sabtu dan Minggu. Rata-rata ada 5-7 angkutan pariwisata dalam satu hari itu.

Petugas memeriksa kapasitas terisi dan semua penumpang menunjukkan status vaksin lewat PeduliLindungi atau dokumen lain.

“Intinya kita mengatur pergerakan agar bisa menekan penambahan Covid-19,” kata Yunarti.

Pemeriksaan pada tiga simpul transportasi Adi Sudjipto, Jombor dan Wates sejak September, tercatat telah terperiksa 507 kendaraan, 435 kendaraan lulus, dan 72 kendaraan telah putar balik.

Mobil yang diputar balik lantaran penumpang yang diangkut kebanyakan belum vaksin.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/27/065532378/angkut-penumpang-belum-divaksin-masuk-terminal-wates-2-bus-diminta-putar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke