Salin Artikel

KM Liberty I Tenggelam Dihantam Badai di Perairan Bali, 6 ABK Selamat, 9 Lainnya Hilang

Kapal yang membawa 15 anak buah kapal (ABK) tersebut miring akibat dihantam badai hingga akhirnya dinyatakan tenggelam.

"Tenggelam karena dihantam badai di perairan utara Bali," kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada dalam keterangan tertulis, Selasa (26/10/2021).

Darmada menyebut, KM Liberty I lepas sandar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Jumat (22/10/2021) pukul 00.07 WIB, menuju Reo Flores, NTT.

Namun pada Sabtu (23/10/2021) sekitar pukul 22.07 Wita, kapal yang berjenis kargo itu tenggelam karena dihantam badai di perairan utara Bali.

Sebelum tenggelam, KM Liberty I sempat mengubah halauan dari timur menuju barat, sayangnya kapal dalam posisi miring.

"Seluruh kru kapal kemudian loncat dan menyelamatkan diri menggunakan life jacket dan melepaskan dua buah life raft ke laut," kata Darmada.

Kemudian pada Senin (25/10/2021) pukul 12.20 Wita, LCT Dipasena Dua rute Jakarta menuju Banete Sumba Barat menyelamatkan liferaft KM Liberty I yang mengangkut enam orang pada koordinat 7°27.871'S - 115°32.984' E.

LCT Depasena Dua kemudian melakukan pencarian di sekitar life raft yang ditemukan.


Adapun enam orang yang selamat di antaranya, Jacobus Wolonterry (Nakhoda), David Makatita (Masinis III), Arif Budi Ruhul L (Juru Mudi), Muhamad Jufri (Juru Mudi), Hanli Kiuk (Juru Minyak) dan Muhammad Ali (KKM).

Selanjutnya, Basarnas Bali mencari sembilan ABK KM Liberty I yang masih hilang pada Selasa pagi.

Sebanyak sembilan ABK yang masih hilang yakni, Dwi Harmianto (Mualim I), Khoirul Hudha (Mualim II), Rizki Adi Tama (Masinis II), Jeri Jepri (Juru Mudi), Sebastian Saga (Juru Minyak), Rivaldy Refly M (Juru Minyak), Matheis Maoni Teo (Serang), Petrus Rumahlewang (Opt Crane) dan Hadiq Zain (Koki).

Darmada mengatakan, pencarian dilakukan dengan mengerahkan Kapal Negara SAR Arjuna 229 dengan 17 ABK dan lima anggota Tim Rescue.

Setelah melakukan pencarian selama enam jam di lokasi tenggelamnya KM Liberty I, KN Arjun 229 menghentikan sementara upaya pencarian dan sandar di Pulau Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sekitar pukul 18.00 Wita.

"Upaya pencarian akan dilanjutkan kembali besok pagi sesuai dengan rencana Operasi Pencarian dan pertolongan yang telah ditentukan," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/26/201308978/km-liberty-i-tenggelam-dihantam-badai-di-perairan-bali-6-abk-selamat-9

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke