Salin Artikel

Minat Masyarakat untuk Vaksinasi Covid-19 di Banyumas Menurun

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan, penurunan itu dapat dilihat dari jumlah masyarakat yang mendaftar vaksinasi.

"Animo masyarakat memang agak turun. Dulu (informasi pendaftaran) 5.000 dosis disebar lewat medsos langsung habis," kata Sadewo seusai membuka vaksinasi massal di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Selasa (26/10/2021).

Seperti di UMP misalnya, Sadewo menyebut dari total 5.000 dosis vaksin Pfizer yang disiapkan, hingga hari ini baru 3.500 orang yang mendaftar.

"Saya juga bingung (kenapa animo masyarakat mengikuti vaksin menurun). Apa karena masyarakat menganggap Covid-19 sudah tidak ada atau bagaimana, padahal Covid-19 itu masih ada," ujar Sadewo.

Meski demikian, kata Sadewo, Pemkab terus berupaya menggenjot vaksinasi Covid-19 agar mencapai target 70 persen dari jumlah penduduk pada akhir November 2021.

Menurut Sadewo, hingga Senin (25/10/2021) capaian vaksinasi dosis pertama telah mencapai 58,55 persen.

"Kami sedang mengejar ke angka 70 persen, menurut WHO kalau sudah 70 persen tercapai herd immunity. Mudah-mudahan cepat tercapai, stock Pfizer masih banyak," ujar Sadewo.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 UMP dr Umi Solikhah mengatakan, untuk mempercepat capaian vaksinasi, pihaknya juga melakukan jemput bola.

"Kami jemput bola untuk warga lansia yang tidak memungkinkan (datang), tidak ada yang mengantar, kami ada fasilitas penjemputan," kata Umi yang juga Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UMP.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/26/114900978/minat-masyarakat-untuk-vaksinasi-covid-19-di-banyumas-menurun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke