Salin Artikel

Pemadaman Listrik di Bangka Berakhir, PLN Terbantu Asosiasi Petani Tambak

Dengan demikian, sistem kelistrikan di Bangka kembali normal.

"Alhamdulillah, progres instalasi komponen engine mencapai 100 persen pada Senin, pukul 20.00 WIB, sehingga sistem kembali normal. Ini lebih cepat dari target yang ditetapkan sebelumnya yaitu 28 Oktober," kata General Manager PLN UIW Babel, Amris Adnan, dalam keterangan pers, Senin (25/10/2021).

Amris menuturkan, upaya pemulihan dilakukan dengan mendatangkan komponen mesin PLTG dari Riau.

Kemudian mendatangkan tenaga ahli dari General Electric, dan melakukan pekerjaan pemulihan nonstop 24 jam.

Seiring normalnya sistem pembangkit, maka pemadaman bergilir yang melanda seluruh wilayah Bangka dinyatakan berakhir.

"Apabila masih terjadi padam di rumah pelanggan, maka kemungkinan disebabkan adanya gangguan teknis yang tidak direncanakan dan tidak berkaitan dengan gangguan mesin PLTG yang sebelumnya terjadi," ujar Amris.

Selama proses perbaikan, menurut Amris, PLN mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Seperti dari Asosiasi Petani Tambak Indonesia Nusantara (APTIN) yang bersedia mengalihkan suplai listrik dari PLN ke genset pada waktu beban puncak.

Selama ini, usaha tambak dengan spesifikasi tambak udang vaname merupakan pelanggan prioritas PLN dengan suplai daya yang besar.

"Kami berterima kasih kepada APTIN yang bersedia mengalihkan suplai listriknya pada waktu beban puncak, sebagai bentuk kepedulian dan CSR kepada masyarakat, sehingga dampak pemadaman dapat diminimalisasi," kata Amris.

Ucapan terima kasih PLN juga ditujukan pada unsur pimpinan daerah, ormas, serta tim dari Bright PLN Batam, General Electric, dan IMECO.

"Terkhusus pada masyarakat umum pelanggan rumah tangga yang terdampak langsung, dengan penuh pengertian bersama kami melewati semua ini," ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/26/084654578/pemadaman-listrik-di-bangka-berakhir-pln-terbantu-asosiasi-petani-tambak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke