Salin Artikel

2 LRT Jabodebek Rusak akibat Tabrakan, Dirut INKA: Setelah Investigasi Selesai, Kereta Itu Diperbaiki

Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro mengatakan, dua kereta LRT yang rusak akan dibawa ke Madiun setelah Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) selesai menginvestigasi penyebab kecelakaan.

Seluruh biaya perbaikan kereta LRT sepenuhnya menjadi tanggung jawab PT INKA.

“Setelah investigasi selesai, dua kereta itu dibawa lagi ke Madiun untuk diperbaiki,” kata Budi, Senin (25/10/2021).

Budi menyatakan, kerusakan terjadi pada kabin kedua kereta LRT. Hanya saja, ia tidak memerinci total kerugian yang dialami PT INKA akibat tabrakan tersebut.

Ia pun menjamin bisa memperbaiki kerusakan kereta LRT tersebut. Terlebih LRT itu dibuat oleh PT INKA yang bermarkas di Kota Madiun.

“Wong kita bisa membuat maka kita bisa benerin. Setelah KNKT clear atau pihak lain seperti kepolisian (selesai) maka kereta bawa ke sini (Madiun) untuk perbaiki lagi,” jelas Budi.

Ditanya kerugian yang dialami PT INKA akibat tubrukan dua LRTnya saat uji coba, Budi belum mengetahuinya.

Ia pun belum memastikan jumlah anggaran yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan LRT yang bertabrakan di wilayah Cibubur, Jakarta.

Untuk memperbaiki kerusakan dua LRT itu, PT INKA masih memiliki beberapa kompenan cadangan di pabriknya. Namun jika mengalami kekurangan, PT INKA siap membeli kompenen yang diperlukan.


Berharap uji coba dilanjutkan

Meski dua kereta LRT rusak, PT INKA berharap uji coba kereta lain terus berlanjut. Pasalnya satu rel yang lain masih bisa dilewati untuk uji coba.

Meski begitu, upaya melanjutkan uji coba bututh persetujuan dari KNKT dan Kementerian Perhubungan.

“Tergantung pada KNKT. Kami berharap penyelidikan tidak berlangsung lama. Karena rel sebelahnya tidak apa-apa. Yang dua ini (LRT yang bertabrakan) diambil dibawa ke INKA Madiun. Sementara lainnya bisa jalan untuk uji coba,” kata Budi.

Budi menjelaskan, saat uji coba terdapat dua rel atau lintasan yang dapat dilalui LRT. Teknisnya, satu lintasan untuk dilewati kereta LRT. Sementara rel lainnya untuk pemberhentian kereta.

Ia menyebut, saat ini 31 trainset LRT buatan INKA sudah dikirim semua ke Jakarta.

Untuk diketahui, LRT Jabodebek merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Kontrak pengadaan LRT Jabodebek senilai Rp 3,9 trilyun ini ditandatangani sejak 18 Januari 2018 antara PT INKA (Persero) dengan PT KAI (Persero).

Susunan satu trainset berupa enam kereta dengan empat kereta berpenggerak (motor car-M dan Motor Car dilengkapi Cabin-MC) dan dua kereta tidak berpenggerak (trailer car-TC). Satu trainset tersebut dapat mengangkut 740 penumpang saat kondisi normal dan 1.300 penumpang saat kondisi okupansi maksimum. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/25/203940378/2-lrt-jabodebek-rusak-akibat-tabrakan-dirut-inka-setelah-investigasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke