Salin Artikel

Honor 174 Anggota Satgas Covid-19 Sultra Belum Dibayar, Polisi Periksa Kepala BPBD dan Bendahara

KENDARI, KOMPAS.com- Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) masih menyelidiki kasus keterlambatan pembayaran honor anggota Satgas Covid-19 setempat.

Tercatat ada 174 anggota Satgas Covid-19 Sultra belum menerima honor selama 6 bulan, mulai dari April hingga September 2021.

Kasubdit Penmas Humas Polda Sultra Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan, penyelidikan kasus ini masih terus berlanjut.

Hingga saat ini, ada lima orang yang telah diperiksa penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus).

"Sudah lima orang yang kita mintai keterangan, yakni Kepala BPBD dan Bendahara-nya. Tiga orangnya adalah anggota satgas Covid-19 Sultra, dan masih ada lagi yang akan diperiksa," kata Dolfi dihubungi via telepon, Senin (25/10/2021).

Ia menegaskan, penyidik belum meminta BPKP maupun Inspektorat Sultra untuk melakukan audit investigasi atas kerugian negara dari keterlambatan pembayaran honor anggota Satgas Covid-19 tersebut.

"Nanti jika ditemukan adanya indikasi kerugian negara, pasti BPKP atau Inspektorat melakukan audit. Masih ada lagi yang akan dimintai keterangan," terang Dolfi.

Sementara itu, salah seorang anggota yang bertugas di sekretariat posko Satgas Covid-19 Sultra mengaku, telah menerima honor untuk 100 hari kerja, sedangkan untuk sisa 72 hari kerja atau 3 bulan lebih belum dicairkan.

" Masih ada penerima honor atau anggota satgas Covid-19 yang belum menandatangi administrasinya," terangnya kepada Kompas.com dikonfirmasi via telpon.

Sebelumnya, petugas Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menyegel posko mereka yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Pondambea, Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Penyegelan itu dilakukan karena honor anggota Satgas Covid-19 Sultra belum dibayarkan selama enam bulan, mulai dari bulan April hingga September 2021.

Salah satu anggota Satgas Covid-19 Sultra yang tidak ingin disebut namanya, mengungkapkan bahwa mereka akan membuka segel posko setelah honor dibayar.

Tak hanya itu, mereka juga akan melakukan mogok kerja, dan tidak akan melayani masalah Covid-19 di posko tersebut.

“Kami sudah bosan dijanji, padahal semua persyaratan pencairan sudah kami lengkapi. Lantas apa alasannya belum cair,” katanya ditemui di posko satgas Covid-19 Sultra, Senin (11/10/2021). 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/25/181451678/honor-174-anggota-satgas-covid-19-sultra-belum-dibayar-polisi-periksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke