Salin Artikel

Rekomendasi 7 Objek Wisata di Sumedang Bersertifikat CHSE, Aman dari Covid-19

Turunnya level PPKM ini membuat para pelaku pariwisata di Kabupaten Sumedang diperbolehkan untuk kembali membuka tempat wisatanya.

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa mengatakan, seiring pemberlakuan PPKM level 2, maka objek wisata yang sudah memenuhi ketentuan diberbolehkan kembali buka.

Hari menuturkan, ada beberapa kriteria pula yang harus dipenuhi oleh para pelaku pariwisata di Sumedang jika ingin kembali buka di masa pandemi Covid-19.

Sertifikat CHSE dan aplikasi PeduliLindungi

"Syarat utamanya, tempat wisata itu harus sudah mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) dan wajib ada Aplikasi PeduliLindungi," ujar Hari kepada Kompas.com di Sumedang kota, Senin (25/10/2021).

Hari menuturkan, sejumlah objek wisata yang sudah memenuhi syarat untuk buka di Kabupaten Sumedang terdiri dari sebagai berikut.

1. Kampung Karuhun dan Sapatapaan di Desa Citengah, Sumedang Selatan;

2. Nangorak Camp, Margamekar, Sumedang Selatan.

3. Kampung Toga di Sumedang Selatan;

4. Tanjung Duriat di wilayah pesisir Waduk Jatigede;

5. Balong Geulis, Cibugel;

6. Cipanas Cileungsing, Conggeang.

7. Pesona Taman Puspa dan Kampung Ciherang di Kecamatan Tanjungsari.

"Seluruh objek wisata yang sudah buka ini juga wajib menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain itu di kawasan wisatanya juga harus betul-betul bersih sehingga pengunjung akan merasa lebih aman dan nyaman," tutur Hari.


Wisata alam jadi tujuan utama wisatawan

"Terkait kesiapan protokol kesehatan, kami juga telah menyiapkannya dengan seksama supaya pengunjung merasa aman dari penyebaran Covid-19 selama menghabiskan waktu liburannya di Sumedang," ujar Zenni.

Zenni menuturkan, sejak kembali dibuka, objek wisata Nangorak Camp menjadi tujuan wisata karena objek wisata alam terbuka menjadi tujuan utama wisatawan.

"Alhamdulillah, pengunjung sudah mulai kembali berkemah di tempat kami. Karena mungkin objek wisata alam terbuka seperti pengunungan ini menjadi tujuan utama para wisatawan karena dianggap lebih aman dikunjungi di masa pandemi Covid-19 ini," kata Zenni.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/25/163000078/rekomendasi-7-objek-wisata-di-sumedang-bersertifikat-chse-aman-dari-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke