Salin Artikel

Kisah Reynaldi, Alami Kelainan Kaki, Miliki Impian Lanjutkan Sekolah

Selain mengalami kelainan pada kakinya, orangtua Reynaldi yakni Lambertus Abuk dan Kristina Jenaut, tidak memiliki biaya untuk menyekolahkan sang anak.

Impian Reynaldi untuk menimba ilmu mulai terhenti sejak dirinya berada di kelas 2 Sekolah Dasar (SD).

Padahal dia masih ingin melanjutkan sekolah.

"Semoga ada orang-orang baik yang ingin membantu adik Kristian Reynaldi agar ia bisa sekolah lagi," kata Amandus Cahaya Tukeng, Pendamping PKH yang memberikan informasi tentang Kristian saat dihubungi lewat sambungan telepon, Senin, (25/10/2021).

Menurut Tukeng, sesuai cerita ibundanya, Reynaldi mengalami batuk berkepanjangan sejak berusia tujuh bulan hingga 2,9 tahun.

"Menurut ibunya, sejak umur nol bulan sampai satu tahun, berat badan Reynaldi juga di bawah garis normal. Kristian sering dibawa ke Puskesmas, tetapi belum pernah dibawa ke Rumah Sakit," ujarnya.

Reynaldi yang masih kecil ternyata diketahui mengalami kelainan pada kakinya.

Untuk berpindah tempat, ia terpaksa harus menggunakan lutut dan telapak tangan.


Dinas turun tangan

Terpisah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Timur, saat dihubungi Kompas.com lewat sambungan telepon selulernya, Senin, (25/10/2021) menjelaskan, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur melalui Dinas Sosial memiliki komitmen untuk menangani penyandang difabel dan disabilitas mental.

Terkait kondisi Reynaldi yang mengalami kelumpuhan di Colol, tim Dinsos akan melakukan asesmen lapangan dalam waktu dekat.

"Dinas Sosial akan mengurus kartu BPJS bagi penyandang difabel dan disabilitas mental yang belum memilikinya. Tentu dengan syarat memiliki kartu keluarga. Dinas Sosial akan berkolaborasi dengan Dukcapil untuk mengurus administrasi kependudukannya," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/25/132012978/kisah-reynaldi-alami-kelainan-kaki-miliki-impian-lanjutkan-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke