Salin Artikel

Bupati Lamongan Cek Kesiapan Hadapi Bencana Hidrometeorologi hingga La Nina

Salah satunya dengan menggelar apel koordinasi antara Pemkab Lamongan bersama dengan TNI-Polri, serta instansi terkait di Alun-alun Lamongan, Senin (25/10/2021).

Bupati imbau semua pihak siapkan diri

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menginginkan semua pihak mempersiapkan diri mengantisipasi peningkatan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, angin puting beliung, hingga badai tropis.

Terlebih berdasarkan data BMKG, terdapat kemungkinan peningkatan intensitas curah hujan, dikarenakan adanya fenomena anomali cuaca.

Ini ditandai dengan munculnya fenomena La Nina, yang dapat memicu peningkatan curah hujan 20 sampai 70 persen.

"Melihat besarnya ancaman bencana alam hidrometeorologi tersebut, maka kita perlu terus meningkatkan kewaspadaan. Terlebih, saat ini akan memasuki musim penghujan," ujar Yuhronur ketika memimpin apel kesiapsiagaan, Senin.

"Di mana berdasarkan data dari BMKG wilayah Jawa Timur, musim penghujan sebagian besar akan terjadi pada Bulan November 2021. Puncaknya, akan terjadi pada Bulan Januari hingga Februari tahun 2022," ucap Yuhronur.

Yuhronur bersama Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono dan Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana, melakukan serangkaian pengecekan terkait kesiapan.

Pengecekan tidak hanya dilakukan pada Sumber Daya Manusia (SDM) saja, namun juga mengecek secara detail sarana dan prasarana pendukung.

Termasuk kondisi sarana transportasi yang akan digunakan, untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.

"Kita semua berkewajiban melakukan antisipasi, untuk meminimalkan dampak yang akan timbul dari bencana. Ini merupakan bentuk wujud komitmen kita bersama, siap siaga menghadapi bencana alam serta memberikan bantuan secara optimal kepada masyarakat," kata Yuhronur.

Yuhronur juga menghimbau kepada para petugas, untuk tetap memperhatikan penanganan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan.

Sehingga diharapkan, nantinya tidak muncul dan menimbulkan klaster penyebaran Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/25/120803178/bupati-lamongan-cek-kesiapan-hadapi-bencana-hidrometeorologi-hingga-la-nina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke