Salin Artikel

Vaksinasi Dosis Kedua di Rutan Gresik Belum 100 Persen, Ini Kendalanya...

Namun, dari 734 warga binaan, belum semuanya bisa menjalani vaksinasi Covid-19.

Kepala Rutan Klas IIB Gresik Aris Sakuriyadi mengatakan, vaksinasi tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Gresik.

Tenaga kesehatan dari Puskesmas Cerme bertugas melakukan screening dan menyuntikkan vaksin Covid-19 merek AstraZeneca kepada warga binaan, Jumat (22/10/2021).

"Memang belum 100 persen warga binaan yang menerima vaksinasi. Hari ini masih 255 orang, karena itu akan dilanjutkan besok," ujar Aris saat dikonfirmasi, Jumat.

Aris mengungkapkan, sebagian warga binaan Rutan Gresik belum bisa disuntik vaksin karena kondisi kesehatan mereka. Selain itu, terdapat beberapa warga binaan yang telah mendapat vaksin dosis pertama, tetapi saat vaksinasi digelar tidak berada di rutan karena sudah bebas.

"Untuk yang tidak lolos screening sebanyak 70 orang. Sementara yang asimilasi ada 74 orang, dan tadi baru satu orang yang balik ke rutan untuk menjalani tahap vaksinasi dosis kedua," tutur Aris.

Padahal, kata Aris, pihak rutan telah memberi tahu warga binaan yang bebas terkait vaksinasi dosis kedua. selain itu, Rutan Gresik mendapat tambahan warga binaan baru yang belum divaksin dosis pertama.

"Untuk yang sudah bebas sudah kami ingatkan sejak awal untuk balik, menjalani vaksinasi dosis kedua, kami fasilitasi," ucap Aris.

Untuk warga binaan baru, Rutan Gresik akan memfasilitasi mereka dalam vaksinasi berikutnya. 

"Sementara bagi yang sudah bebas dan tidak balik, kami komunikasi dengan Dinkes agar bisa diupayakan mengikuti vaksinasi kedua di faskes terdekat. Kan bisa dideteksi melalui kartu vaksin, jenis vaksin dan tanggal berapa yang bersangkutan menjalani dosis pertama," tutur Aris.

Sementara salah seorang warga binaan Rutan Gresik Anggarda Dea Pratiwi mengaku, bersyukur bisa menjalani vaksinasi dosis pertama dan kedua. Hal ini merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/22/180908878/vaksinasi-dosis-kedua-di-rutan-gresik-belum-100-persen-ini-kendalanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke