Salin Artikel

Tersisa 1 Penghuni, Rumah Isoter Kota Blitar Akan Kosong jika Tak Ada Kasus Baru

Dengan demikian, hanya tersisa satu orang penghuni di rumah isoter Kota Blitar yang menempati kampus PGSD Universitas Negeri Malang itu.

Akan kosong jika tak ada tambahan kasus

Koordinator relawan tenaga kesehatan rumah isoter Kota Blitar Henny Murtiwahyuni mengatakan, tersisa satu orang penghuni rumah isoter yang sudah menjalani isolasi selama empat hari.

"Jadi kalau dalam enam hari ke depan tidak ada kasus lagi maka rumah isoter ini akan kosong," kata Henny saat ditemui, Jumat siang.

Henny mengatakan, satu orang penguni yang tersisa di isoter itu adalah seorang pria, warga Kecamatan Kepanjenkidul.

Henny mengungkapkan, pria tersebut masuk pada hari Selasa (19/10/2021) sebagai pasien Covid-19 tanpa gejala.

Henny menduga pria tersebut seorang pegawai kantor di salah satu dinas di lingkungan Pemerintah Kota Blitar yang terkonfirmasi positif dalam sebuah proses tracing dari kasus konfirmasi sebelumnya.

Optimistis rumah isolasi segera kosong

Henny yang juga seorang tenaga kesehatan itu optimistis jika rumah isoter di Jalan Ir Soekarno itu akan segera kosong.

Sedangkan, rumah isoter yang menempati gedung kampus Poltekesma di Jalan Dr Sutomo, sudah kosong sejak sepekan lalu.

Optimisme Henny didasarkan pada tren kasus yang terus menurun di satu sisi, ujarnya, dan di sisi lain diikuti dengan kepatuhan warga Kota Blitar dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Dulu saya sempat ragu, apa benar Kota Blitar bisa menjadi percontohan PPKM Level 1. Ternyata semakin ke sini saya perhatikan warga masih tetap mematuhi protokol kesehatan," kata dia. 

Jika benar tidak akan ada kasus baru dalam enam hari ke depan, maka untuk pertama kali sejak isoter itu dibuka pada awal Agustus lalu akan berstatus nol penghuni pada Kamis (28/10/2021).

Selama empat hari terakhir sejak perpanjangan PPKM hingga 1 November nanti, Satgas Covid-19 baru melaporkan satu kasus konfirmasi pada Selasa (19/10/2021) lalu.

Tiga hari berikutnya hingga hari ini tercatat nol kasus sehingga akumulasi kasus Covid-19 Kota Blitar menjadi 6.985 dan kasus kematian 265 atau tingkat kematian sebesar 4,79 persen.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/22/171623478/tersisa-1-penghuni-rumah-isoter-kota-blitar-akan-kosong-jika-tak-ada-kasus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke