Salin Artikel

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Salatiga, Puluhan Rumah Warga Rusak

SALATIGA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan beberapa pohon tumbang di Kota Salatiga.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun beberapa rumah rusak karena tertimpa pohon.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar dan Penanganan Bencana Satpol PP Kota Salatiga Roy Anjar mengatakan hujan lebat terjadi pada Kamis (21/10/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Hujan deras dan angin kencang merata di hampir semua wilayah Salatiga. Kami minta warga waspada jika terjadi situasi tersebut segera mengamankan diri," jelas Roy kepada wartawan, Jumat (22/10/2021).

Roy mengungkapkan, pohon tumbang terjadi di Kalilondo Tingkir tiga titik, Jalan Diponegoro depan kantor Satlantas satu titik dan depan eks Pengadilan Agama satu titik.

"Di Jalan Imam Bonjol, pohon yang tumbang mengenai rumah. Kerusakan lumayan parah," jelasnya.

Mengenai kerusakan, Roy mengatakan ada puluhan rumah yang rusak ringan.

"Kerusakan kebanyakan di bagian atap, dan bisa diatasi sendiri oleh pemilik rumah. Kalau yang parah, yang tertimpa pohon sementara ada satu bangunan," terangnya.

Selain pohon tumbang, ada juga mobil yang terbakar. Roy mengungkapkan, kebakaran tersebut menimpa mobil H 1917 QK milik Mahfud, warga Krajan Tingkir Lor Kota Salatiga.

"Saat kejadian korban akan mengambil uang di mesin ATM. Tiba-tiba melihat kepulan asap dan api di bagian kap mesin, dia mendatangi Mako Damkar. Lalu anggota menggunakan APAR memadamkan kobaran api tersebut. Penyebabnya ada masalah sistem pengapian di mobil," paparnya.

Warga Bancaan Tengah Sidorejo Lor Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga, Yuli menginformasikan ada empat rumah yang rusak.

"Rumah milik Widarsih, Wakidi, dan Mustofa kerusakan di bagian atap. Paling parah milik orangtua saya, Agusno, sementara yang rusak ditutup menggunakan terpal," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/22/075753678/hujan-deras-disertai-angin-kencang-landa-salatiga-puluhan-rumah-warga-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke