Salin Artikel

Viral, Awan Berbentuk Cincin di Atas Gunung Ile Lewotolok, Begini Penjelasannya

LEWOLEBA, KOMPAS.com - Sebuah foto yang menunjukkan awan berbentuk cincin tepat di atas puncak Gunung Api Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT, viral di media sosial, sejak Kamis (21/10/2021) pagi hingga malam.

Awan berbentuk unik itu pertama kali diunggah oleh akun Facebook Yoanista Pulo dengan tulisan, "Pemandangan indah dilihat dari arah kalabahi. Ada Satu bulatan membentuk cincin di atas gunung...semoga ini pertanda baik," tulis Yoanista.

Unggahan itu pun menuai banyak komentar warganet.

Menanggapi itu, Kepala Pos Pemantauan Gunung Api (PGA) Ile Lewotolok, Stanis Ara Kian, menuturkan, fenomena tersebut merupakan hal yang wajar terjadi saat gunung api mengeluarkan magma dari permukaan kawah.

"Saat ini Gunung Api Ile Lewotolok masih erupsi, sehingga magma yang terdesak naik ke permukaan kawah bergerak keluar melalui jalur yang berbentuk menyerupai pipa. Ketika material vulkanik atau gas yang keluar lewat cerobong magma yang bulat sehingga keluar juga yang bulat seperti halnya kita merokok," kata Stanis, saat dikonfirmasi Kamis sore.

Ia menyebut, hingga kini, status Gunung Api Ile Lewotolok masih level III (siaga).

Pihaknya pun mengimbau masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi.

Masyarakat selalu waspada terhadap material lapuk yang bisa saja kestabilan terganggu yang dapat menimbulkan awan panas.

"Masyarakat selalu diimbau agar tidak mempercayai isu-isu hoaks yang tidak jelas sumber beritanya," ujar dia.

Ia pun berharap, masyarakat yang masih bingung akan segala informasi terkait Gunung Api Ile Lewotolok, bisa berkunjung ke kantor pos pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok, yang berada di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/21/193613278/viral-awan-berbentuk-cincin-di-atas-gunung-ile-lewotolok-begini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke