Salin Artikel

Ridwan Kamil Semringah, Jokowi Teken Perpres Pengembangan Jabar Utara dan Selatan

Hal itu pun menjadi bekal bagi Provinsi Jawa Barat (untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta menyetarakan pembangunan.

Penyerahan Perpres 87/2021 diserahkan langsunh oleh Deputi Ekonomi Sekretariat Kabinet Shatya Bhakti Parikesit kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil di acara West Java Investment Summit (WJIS) 2021 di Savoy Homann Hotel Bandung, Kamis (21/10/2021).

Di tempat yang sama, Ridwan Kamil juga menandatangani nota kesepahaman bersama para bupati di wilayah Jabar Selatan terkait kesepakatan pengembangan Jawa Barat Selatan

Dengan adanya Perpres tersebut, daerah di Jabar Utara dan Selatan akan mendapatkan intervensi pendanaan dari APBN dan sumber pendanaan lain.

Untuk wilayah utara daerah itu meliputi, Subang, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Cirebon dan Kuningan. Sementara di Selatan yakni Sukabumi, Cianjur, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Ridwan Kamil semringah

Ridwan Kamil pun semringah atas terbitnya Perpres tersebut. Menurutnya, hadirnya Perpres itu bakal mengikis ketimpangan pembangunan di Jabar.

“Kami mendapatkan komitmen lewat Perpres 87/2021 sekitar Rp 400 triliun sampai 2024 akan digelontorkan untuk Rebana (Jabar Utara) dan kesetaraan di Selatan. Ini komitmen tinggi pemerintah pusat, insyaallah lompatan ekonomi di Jabar akan luar biasa,” kata Emil, sapaan akrabnya.


Kawasan Rebana siap tampung investasi

Khusus Jabar Utara atau Rebana, kata Emil, merupakan kawasan yang paling siap untuk berkembang dan menampung investasi.

Apalagi sudah ditopang Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, dan dilengkapi urat nadi Tol Cipali juga kereta api.

Harga lahan pun masih relatif murah dibandingkan daerah lain.

“Saya lapor Pak Jokowi, menceritakan, tidak ada di Republik ini wilayah sehebat dan se-prospek seperti Rebana. Jadilah, Pak Jokowi memastikan akan ada Perpres Pengembangan Rebana, alhamdulllah. Ini mejadi dasar hukum APBN akan all out,” tuturnya.

Perpres tersebut rencananya akan digabung dengan pengembangan Jawa Bagian Selatan yang juga menjadi perhatian pemerintah.

Ia menilai, adanya Perpres ini maka seluruh pembangunan di kawasan Rebana dan Jawa Barat selatan bisa diintegrasikan.

“Perpres ini bagi Jabar Utara adalah lompatan, untuk Jawa Barat Selatan adalah kesetaraan. Untuk kawasan Jabar Utara saja, total ada 81 proyek sekitar Rp 400 triliun,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/21/145125078/ridwan-kamil-semringah-jokowi-teken-perpres-pengembangan-jabar-utara-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke