Salin Artikel

Tersisa 4 Daerah di Pekanbaru Berstatus Zona Oranye Covid-19, Wali Kota: Jangan Abaikan Prokes

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebanyak empat kelurahan di Kota Pekanbaru, Riau, saat ini berstatus zona oranye risiko penyebaran Covid-19.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan, dari sebanyak 83 kelurahan yang ada di Pekanbaru, hanya empat kelurahan berstatus zona oranye atau berisiko sedang.

Sisanya, sebanyak 79 kelurahan di 15 kecamatan sudah masuk zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19.

Adapun empat kelurahan dengan status zona oranye itu yakni, Lembah Sari (Kecamatan Rumbai Timur), Perhentian Marpoyan (Kecamatan Marpoyan Damai), Delima (Kecamatan Binawidya), dan Sidomulyo Barat (Kecamatan Tuah Madani).

Meskipun begitu, Firdaus mengingatkan warga Kota Pekanbaru harus tetap waspada.

"Saya meminta masyarakat jangan mengabaikan protokol kesehatan," ucap Firdaus dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (21/10/2021).

Ia mengungkapkan, bahwa saat ini sudah banyak pelaku usaha yang abai menerapkan protokol kesehatan, saat menjalankan usahanya.

"Saya lihat sudah banyak pelaku kuliner abai menggunakan masker. Ini sangat berpotensi terjadinya penularan Covid-19," kata Firdaus.

Satgas Penanganan Covid-19 Pekanbaru telah mengingatkan dan menegur para pelaku usaha bersangkutan, agar tetap disiplin protokol kesehatan.


Hanya saja, pelaku usaha kembali abai ketika tidak didatangi Satgas Covid-19.

"Kita sudah ingatkan. Di belakang Satgas, abai lagi. Ini tidak boleh, apalagi pelaku usaha ini menyiapkan makanan tanpa masker. Ini sangat berbahaya," ujar Firdaus.

Kendati demikian, pihaknya masih terus mengingatkan terkait protokol kesehatan kepada masyarakat.

Sementara itu, total kasus positif Covid-19 saat ini di Kota Pekanbaru telah mencapai 51.683 kasus.

Rinciannya, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 50.315, pasien dirawat di rumah sakit 14 orang, pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri 82 orang, dan dinyatakan meninggal dunia sebanyak 1.272 orang.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/21/141529978/tersisa-4-daerah-di-pekanbaru-berstatus-zona-oranye-covid-19-wali-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke