Salin Artikel

Dipanggil Gubernur Edy, Pertamina Jelaskan Penyebab BBM Langka di Sumut

Pada pertemuan yang berlangsung kurang lebih setengah jam itu, pihak Pertamina dimintai perjelasan terkait kelangkaan BBM di Sumut dalam beberapa hari terakhir.

Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Asep Wicaksono mengungkapkan, pihaknya memberi sejumlah penjelasan penting yang ditanyakan Gubernur Edy.

"Pertama, terkait entrean. Sudah kami sampaikan bahwa (masalah kelangkaan) karena antrean," katanya usai bertemu Edy di Rumah Dinas Gubernur di Medan, Kamis.

Dia mengakui, sempat terjadi kekurangan stok BBM di Sumut, terutama jenis Solar dan Pertamax.

Kekurangan stok itu, kata dia, salah satu penyebabnya karena kuota yang terbatas, khususnya Solar bersubsidi.

Menjelang akhir tahun, kuota subsidi untuk solar memang semakin "mepet" sehiggga Pertamina bekerja ekstra untuk menjaga pasokan di lapangan.

"Tapi pertamina sudah berkoordinasi dengan BPH Migas. Kuota sudah kami tambah. Ini bisa dilihat di lapangan sudah mulai cair. Antrean di SPBU sudah tidak ada," jelasnya.

Keterlambatan kapal tanker

Selain kuota BBM Subsidi yang terbatas itu, kelangkaan BBM di Sumut juga dipicu keterlambatan kapal tanker yang membawa BBM ke Sumut.

Ada kapal yang seharusnya sandar di Belawan pada 10 Oktober lalu, malah baru tiba pada 12 Oktober. Sementara, konsumsi di lapangan terus meningkat seiring diperlonggarnya aktivitas masyarakat karena Sumut sudah keluar dari PPKM level 4.

"Pertamax yang kami datangkan itu impor. Di tempat impornya di sana, ada antrean juga," jelasnya.

Dia mengklaim sudah mempelajari masalah itu sehingga kejadian serupa tak terulang. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik lalu membeli BBM dengan berlebihan karena saat ini pasokan sudah aman.

Namun, saat ditanya soal kuota dan pasokan BBM di Sumut, Asep tak merincinya. Dia menyebutkan, Pertamina akan tetap melayani dan memenuhi kebutuhan BBM di Sumut sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

"Berapa pun kebutuhan masyarakat, kami layani," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/21/111400878/dipanggil-gubernur-edy-pertamina-jelaskan-penyebab-bbm-langka-di-sumut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke