Salin Artikel

Unik, Tentara Pink Squid Game Jaga Tes SKD Kemenkumham di Surabaya

SURABAYA, KOMPAS.com - Kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM di kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Rabu (20/10/2021) berbeda dari biasanya.

Penyelenggara menghadirkan suasana tegang ala film seri Squid Game, film seri Korea yang sedang booming saat ini.

Selain memutar backsound mencekam, sejumlah pink soldier atau petugas berseragam merah muda, bersenjata dan mengenakan penutup kepala.

Para pink soldier bertugas menjaga peserta saat mengerjakan tes hingga membantu peserta yang menanyakan lokasi tempat duduk lokasi tes.

Suasana tersebut bukannya membuat peserta takut. Sebagian peserta justru merasa terhibur dengan suasana tersebut. Beberapa peserta justru meminta berfoto bersama dengan para pink soldier.

"Keren banget ini. Bagus, biar nggak tegang," kata salah satu peserta, Aini Solikhah.

Suasana berbeda memang sengaja dihadirkan dalam pelaksanaan tes SKD CPNS tersebut.

"Kami ingin peserta lebih rileks dan bahagia dalam mengikuti SKD CPNS kali ini. Karena saat rileks, kita bisa lebih maksimal berfikir," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono.

Selama beberapa hari pelaksanaan, temanya selalu dibuat berbeda, dua hari sebelumnya, tema yang diangkat adalah keragaman budaya daerah.

Dia menilai, ada kemiripan antara seleksi CPNS dengan permainan Squid Game, yakni peserta sama-sama harus melewati berbagai macam rintangan untuk mencapai tujuan atau kemenangan.

"Bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti oleh peserta yang penuh semangat dan optimistis," ujarnya.

SKD CPNS Kemenkumham di Surabaya diikuti oleh 26.435 peserta. Dari jumlah itu, hanya akan ada 1.020 peserta yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk formasi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian dengan penempatan di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/20/150024978/unik-tentara-pink-squid-game-jaga-tes-skd-kemenkumham-di-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke