Salin Artikel

Pembelajaran Tatap Muka di Pekanbaru, Durasi Belajar Ditambah Jadi 4 Jam

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas menyebutkan, penambahan waktu belajar di sekolah dimulai pada Senin (18/10/2021).

"Penambahan durasi menjadi empat jam dari sebelumnya tiga jam maksimal berada di sekolah," kata Ismardi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/10/2021).

Penambahan waktu belajar jadi empat jam, menurutnya, agar PTM lebih efektif. Tim bidang pendidikan SD dan SMP mempersiapkan teknis penambahan durasi jam belajar.

Ismardi mengatakan, proses sosialisasi sudah dilakukan ke seluruh sekolah sebelum jam belajar ditambah.

Sementara itu, Ismardi menyadari sejumlah sekolah belum bisa menambah durasi jam belajar karena terdapat keterbatasan ruang kelas.

"Jadi (sekolah) yang tidak bisa empat jam, nanti tetap belajar selama tiga jam seperti PTM terbatas sebelumnya," jelas Ismardi.

Adanya penambahan durasi belajar ini, kata Ismardi, seiring Kota Pekanbaru yang mengalami tren penurunan kasus Covid-19.

"Ada sejumlah SD yang tidak bisa menerapkan penambahan durasi karena keterbatasan ruang kelas. Kondisi tersebut karena banyak SD menerapkan dua sesi belajar dalam sehari," sebut Ismardi.

Sedangkan mayoritas SMP bisa menambah durasi PTM satu jam dari sebelumnya. Ismardi mengingatkan agar sekolah tidak membuat kebijakan sendiri.

Sekolah mesti mengikuti kebijakan dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri terkait belajar tatap muka.

Selain itu, protokol kesehatan tetap dijaga selama pembelajaran tatap muka untuk mencegah penyebaran Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/20/113926878/pembelajaran-tatap-muka-di-pekanbaru-durasi-belajar-ditambah-jadi-4-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke