Salin Artikel

Nihil Kasus Baru dan Lokasi Isoter Tutup, PPKM Kota Magelang Turun ke Level 2

Hal itu Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 53 tahun 2021, tertanggal 18 Oktober 2021.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengatakan, PPKM Kota Magelang berhasil turun dari level 3 ke level 2 berkat kerja sama yang baik, antara pemerintah, TNI-Polri, masyarakat, termasuk awak media.

Di samping itu, ada beberapa indikator sehingga pemerintah pusat menurunkan level PPKM, antara lain karena tidak ada kasus Covid-19 baru yang muncul di wilayah ini dalam kurun waktu 2 pekan terakhir.

Kemudian, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dan angka kematian juga nol.

"Sudah 2 mingguan ini tidak ada kasus baru, pasien Covid-19 dan angka kematian juga nol. Saat ini memang ada 1-2 pasien Covid-19 yang dirawat inap di rumah sakit," kata Aziz, ditemui di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang, Selasa (19/10/2021).

Bahkan, isolasi terpadu (isoter) yang disediakan pemerintah daerah setempat sudah ditutup, yakni Hotel Safira, Hotel Borobudur Indah dan kampus Poltekes.

Namun, Wali Kota yang juga dokter spesialis penyakit dalam itu memastikan rumah sakit rujukan tetap menyediakan ruang perawatan dan isolasi pasien Covid-19.


Penurunan level PPKM ini juga didukung capaian vaksinasi Covid-19 warga Kota Magelang sudah lebih dari 50 persen.

"Vaksinasi kita sudah lebih dari 50 persen. Bahkan, kalau vaksinasi (yang digabung) dengan warga luar daerah, kita sudah lebih dari 70 persen," imbuh Aziz.

Saat ini, pihaknya tengah menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk kaum lansia yang belum tervaksin.

Upayanya dengan cara persuafif hingga mendatangi rumah lansia sasaran (door to door).

"Saat ini kita gencarkan vaksinasi untuk lansia, karena sebelumnya ada yang menolak, takut. Sepanjang jantungnya tidak akut, tekanan darah terkendali, tidak masalah divaksin," ujar Aziz.

Meski demikian  Aziz mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah meski Kota Magelang sudah PPKM level 2 sehingga ada beberapa sektor yang dilonggarkan.

Masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat.

“Dengan level 2 ini, kita lebih longgar lagi. Pariwisata bisa kita buka walaupun harus dengan protokol kesehatan, Taman Kyai Langgeng, Gunung Tidar dan Museum Sudirman,” kata Aziz.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/19/171033478/nihil-kasus-baru-dan-lokasi-isoter-tutup-ppkm-kota-magelang-turun-ke-level

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke