Salin Artikel

Kota Bandung Tak Ada Anggaran Bonus Atlet, Ridwan Kamil: Dibicarakan Saja, Jangan Sampai Atlet Kecewa

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak mempersoalkan hal itu karena menyiapkan bonus untuk atlet menjadi diskresi kepala daerah.

"Di level kota kabupaten ada atau tidak ada (bonus) itu diskresi. Jadi saya tidak bisa menilai karena keterbatasan atau apa. Dibicarakan saja tapi jangan sampai atletnya pundung (kecewa)," kata Emil, sapaan akrabnya, di Hotel Horison, Kota Bandung, Selasa (19/10/2021).

Anggaran tergerus untuk penanganan Covid-19

Emil juga tak menampik anggaran pemerintah saat ini tergerus akibat pandemi Covid-19. Bahkan Pemprov Jabar kehilangan Rp 5 triliun selama pandemi.

Meski begitu, Emil mengaku akan tetap memberikan bonus meski nilainya tak sesuai harapan.

"Kita hilang Rp 5 triliun. Pasti (bonus) kita tidak akan maksimal dan kalau mau dibanding-dibandingkan ya itu juga tidak bisa dihindari. Walau kami hilang Rp 5 triliun, kami cari penghematan dari pos yang lain yang sebenarnya bukan untuk olahraga kita geser untuk memberikan apresiasi dan berapapun jadi tanda rasa perhatian kepada atlet," paparnya.


Wali Kota Oded kebingungan, sudah janjikan bonus ke atlet ternyata uangnya tak ada

Seperti diketahui, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan hingga saat ini Pemerintah Kota Bandung tidak memiliki anggaran untuk memberikan uang kadeudeuh alias bonus untuk atlet-atlet asal Kota Bandung yang berhasil menyabet medali di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Seperti diketahui, Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum dalam PON XX Papua dengan perolehan 133 medali emas, 105 medali perak dan 115 medali perunggu.

Sebanyak 35 orang atlet asal Kota Bandung diketahui ikut menyumbangkan medali untuk kontingen Provinsi Jawa Barat.

"Belum ada anggarannya (untuk kadeudeuh)," kata Oded di Balai Kota Bandung, Senin (18/10/2021).

Oded mengatakan, kadeudeuh atau bonus tidak masuk dalam APBD 2021. Bahkan, di APBD 2022 pun tidak masuk pembahasan.

"Wallahualam. Kita lihat nanti sekarang lagi pembahasan anggaran di akhir (penetapan APBD 2022). Ini agak berat (masuk APBD 2022)," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/19/142312478/kota-bandung-tak-ada-anggaran-bonus-atlet-ridwan-kamil-dibicarakan-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke