Salin Artikel

Cerita Seputar TKP Tragedi Susur Sungai Ciamis: Nama Korban Pertama yang Hanyut Jadi Nama Kampung dan Dikenal Angker

Leuwi artinya sungai dan Ili adalah nama korban pertama yang meninggal dunia di Sungai Cileueur yang akhir pekan lalu menewaskan 11 korban siswa MTs Harapan Baru Ciamis.

"Ini nama kampung saya Leuwi Ili ini berasal dari nama korban pertama dulunya yakni Mang Ili yang meninggal hanyut di sungai ini tepat di muara yang kemarin ada korban. Jadi nama kampung kami adalah Leuwi (sungai) Ili," jelas Maman Sulaeman (55), warga setempat sekaligus saksi mata tragedi maut susur sungai yang menewaskan 11 siswa di lokasi kejadian, Selasa (19/10/2021) pagi.

Lokasi angker, tidak boleh gaduh

Maman menambahkan, warga kampungnya pun selama ini mengenal lokasi kejadian sebagai tempat angker dan memiliki beberapa pantangan.

Seperti ada warga kampung yang berbuat gaduh atau berteriak-teriak di sungai tersebut pasti akan langsung diingatkan oleh warga setempat dan melarangnya.

Sehingga, warga kampungnya menganggap bahwa tempat itu harus selalu dalam kondisi tenang dan tak boleh ada yang berbuat macam-macam, seperti tindakan-tindakan yang mengganggu seperti kegaduhan.

"Pokoknya kalau di sungai ini jangan berbuat gaduh dan macam-macam saja. Kalau warga kampung di sini sudah tahu. Dan sebelum kejadian kemarin pun kami sudah ingatkan ke para peserta dan para korban sebelum menewaskan 11 orang tersebut," tambahnya.


Warga gelar tahlilan

Maman dan semua warga kampungnya serta keluarga korban saat ini sedang menggelar acara tahlilan massal di sungai malam hari.

Hal itu akan dilakukannya selama tujuh hari setiap malamnya untuk memberikan doa kepada 11 korban meninggal siswa di lokasi tersebut.

"Kami sudah tiga malam tahlilan di sini. Rencananya akan dilakukan selama tujuh malam. Bukan hanya warga kampung, ternyata warga di luar kampung pun banyak yang ikut tahlilan bersama," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 11 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Harapan Baru Cijantung Kabupaten Ciamis ditemukan tewas tenggelam saat acara susur sungai Pramuka di Sungai Cileueur, Leuwi Ili Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jumat (15/10/2021).

Semua korban tewas terbawa arus sungai saat acara Pramuka yang dihadiri oleh para siswa lainnya dan beberapa orang guru sekolah tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/19/115312778/cerita-seputar-tkp-tragedi-susur-sungai-ciamis-nama-korban-pertama-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke