Salin Artikel

Gunung Ile Lewotolok Masih Erupsi, Hari Ini 6 Kali Letusan

LEMBATA, KOMPAS.com - Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT, masih terus mengeluarkan erupsi.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok, Yosef Suryanto, mengatakan, pada Senin (17/10/2021), teramati 6 kali letusan dengan tinggi 500 meter dan warna asap putih.

"Keterangan lain, terdengar suara gemuruh dan dentuman lemah hingga sedang," kata Yosef Suryanto dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin malam.

Ia menyebut, tingkat aktivitas gunung api Ile Lewotolok masih pada Level III (Siaga).

Karena masih terus erupsi, pihaknya mengimbau kepada masyarakat di sekitar maupun pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak/kawah.

Masyarakat Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak/kawah.

Mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya, maka masyarakat yang berada di sekitar Lewotolok agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Selain itu, karena abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling gumung tersebut, maka masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak agar mewaspadai ancaman lahar terutama di saat musim hujan.


Seluruh masyarakat maupun instansi terkait lainnya diharapkan dapat memantau perkembangan status maupun rekomendasi Gunung Ile Lewotolok setiap saat melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Play.

Para pemangku kepentingan di sektor penerbangan dapat mengakses fitur VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation).

Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Lembata, tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks) dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ile Lewotolok yang tidak jelas sumbernya.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten juga agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Ili Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/18/204311878/gunung-ile-lewotolok-masih-erupsi-hari-ini-6-kali-letusan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke