Salin Artikel

Mien R Uno, Ibu Sandiaga Uno, Dianugerahi Doktor Honoris Causa Bidang Kewirausahaan dari UPI Bandung

Penerimaan penganugerahan diwakili langsung oleh anaknya, Sandiaga Uno yang merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sedangkan Mien menyaksikan secara online.

“Dra Mien R Uno dinilai layak mendapatkan gelar doctor honoris causa,” ujar Ketua Tim Promotor Prof Suryana saat menyampaikan pertanggungjawaban akademik di UPI Bandung, Senin.

Alasan pemberian gelar

Suryana menjelaskan, Mien R Uno adalah sarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung.

Mien meraih 32 penghargaan tokoh inovatif, tokoh perempuam inspiratif Indonesia, perempuan tangguh, bunda etik Indonesia, komunitas etnik Indonesia, dan lainnya.

Ia juga menghasilkan sembilan buku yang dimuat di Library Congress Washington Amerika Serikat.

“(Mien) telah berjasa berkontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara, serta UPI,” ucap dia.

Yayasan pendidikan Mien R Uno

Salah satunya melalui Mien R Uno Foundation. Yayasan tersebut berjasa dalam bidang pendidikan, beasiswa, serta pengembangan kepemimpinan dan kewirausahaan.

Dalam bidang wirausaha, Mien membantu mengembangkan kreativitas dan kemandirian mahasiswa di Indonesia, serta membangun karakter generasi muda dan masyarakat yang unggul.


Peran generasi muda dalam ekosistem kewirausahaan

Dalam pidato ilmiahnya, Mien mengatakan, generasi muda merupakan tenaga luar biasa dalam menggerakkan roda ekonomi bangsa.

Untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan dibutuhkan pembangunan sikap, perilaku, dan cara kerja.

Sayangnya, ilmu kewirausahaan baru diajarkan di tingkat menengah, yakni SMA/SMK dengan porsi yang tidak optimal. Begitu pun dengan pendidikan karakter masih sekadar hafalan, tidak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Karenanya, tidak heran jika banyak sekolah melahirkan pribadi cerdas, tapi tidak memiliki kepedulian dan kemuliaan akhlak. Ujungnya adalah maraknya korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, kekerasan, ketidakmandirian, konsumtif, tidak bertanggung jawab, dan lainnya.

“Rendahnya semangat kewirausahaan (juga) memicu sikap mudah menyerah. Terkadang tidak berani ambil keputusan. Ini mendorong sifat malas dan berkembangnya tindakan korupsi,” ucap dia.

Untuk itu, dibutuhkan tiga indikator penting untuk mewujudkan ekosistem kewirausahaan, yakni perilaku, sumber daya, dan infrastruktur.

Sementara itu, Sandiaga Uno dalam sambutannya menggambarkan bagaimana sosok sang ibu yang ulet, disiplin, dan kolaboratif.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/18/143143178/mien-r-uno-ibu-sandiaga-uno-dianugerahi-doktor-honoris-causa-bidang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke