Salin Artikel

Kecelakaan Beruntun di Tol Tangerang-Merak, Berawal Truk Tangki Kimia Pecan Ban, 1 Tewas, 28 Luka-luka

KOMPAS.com - Kecelakaan beruntun yang melibatkan tiga kendaraan terjadi di KM 74 Tol Tangerang-Merak, Minggu (18/10/2021) sekitar pukul 21.50 WIB.

Tiga kendaraan yang terlibat yakni truk tangki kimia dengan nomor polisi B 9879 UFU, Bus Putra Pelangi nomor polisi BL 7519 AA dan mobil Honda Brio nomor Polisi B 2995 SOM.

Akibat kejadian itu menyebabkan 29 orang menjadi korban. Satu di antaranya meninggal dunia dan sisanya luka-luka.

Korban meninggal dunia bernama Hafni (66), warga Peruma, Kluster Mutiara Korelet, Kecamatan Panongan, Tangerang.

Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Serang Korlantas Polri Tol Tangerang-Merak AKP Wiratno mengatakan, kecelakaan itu berawal truk tangki kimia yang dikemudikan Rusdi Tamrin (46), warga Lampung mengalami pecah ban.

"Kecelakaan disebabkan pecah ban depan sebelah kanan truk tangki kimia," kata Wiratno kepada Kompas.com melalui keterangan resminya, Senin (18/10/2021).

Akibatnya, truk hilang kendali dan menabrak pagar pembatas hingga menyeberang di lajur berlawanan.

Namun, tak lama kemudian datang Bus Putra Pelangi yang dikemudikan Amran (54), dari arah Tangerang menuju Merak berusaha menghidari tabrakan hingga bus masuk ke row atau parit.


Secara bersamaan, melaju dengan kencang kendaraan Honda Brio yang dikemudikan Tatang dari arah Jakarta ke Merak menabrak bagian bawah truk yang sudah terbalik.

"Satu orang penumpang bus meninggal dunia berjenis kelamin perempuan atas nama Hafni 66 tahun warga Tangerang," ujarnya.

Kata Wiratno, saat truk itu terguling mengalami kebocoran pada tangki sehingga pihak Polda Banten menerjunkan tim untuk menganalisa bahan kimia yang tumpah tersebut.

"Kendaraan baru bisa dievakuasi pada pukul 03.30 WIB setelah Polda Banten menerjunkan tim kimia biologis radioaktif untuk menganalisa bahan kimia yang tumpah," ungkapnya.

Hal senada dikatakan Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga yang mengatakan, akibat kecelakaan beruntun itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

Selain satu korban meninggal dunia, ada 28 orang mengalami luka-luka.

"Akibat kecelakaan lalu lintas, terdapat satu orang penumpang bus yang meninggal dunia di lokasi dan 28 orang lainnya luka-luka," kata Shinto kepada wartawan di grup WhatsApp, Senin.

 

(Penulis : Kontributor Serang, Rasyid Ridho | Editor : I Kadek Wira Aditya)

https://regional.kompas.com/read/2021/10/18/122219878/kecelakaan-beruntun-di-tol-tangerang-merak-berawal-truk-tangki-kimia-pecan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke