Salin Artikel

Vaksinasi Jemput Bola di Kalbar: Sasar Tempat Ngumpul Anak Muda, Warkop, dan Kompleks Perumahan

PONTIANAK, KOMPAS.com – Program Gebyar Vaksinasi tengah digencarkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Barat (Kalbar).

Selain secara regular membuka gerai vaksin di fasilitas kesehatan pemerintah, kali ini vaksinasi mulai jemput bola dengan membuka layanan di tempat ngumpul anak muda, warung kopi, dan kompleks perumahaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson mengatakan, langkah pertama vaksinasi jemput bola digelar di Plaza MTQ Universitas Tanjungpura Pontianak yang sekarang ini menjadi tempat ngumpul anak-anak muda.

Vaksinasi di tempat tersebut telah digelar malam hari pada Sabtu dan Minggu (16-17/10/2021) dan telah memvaksin 196 orang.

“Vaksinasi dua malam ini dilaksanakan di Plaza MTQ Untan Pontianak. Pelaksana vaksinasi dari Dinkes Kalbar dan Lantamal XII Pontianak,” kata Harisson kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

Menurut Harisson, jika memungkinkan, vaksinasi di Plaza MTQ akan digelar secara rutin setiap Sabtu dan Minggu malam atau akhir pekan.

“Pekan depan akan kami ulangi lagi, kalau peminat bertambah, akan kami rutin kan di plaza ini,” terang Harisson.

“Jadi bagi yang belum sempat vaksin, mereka bisa divaksin di sini. Ada juga peserta yang datang karena mereka pada siang hari tidak sempat melaksanakan vaksinasi,” timpal Harisson.

Harisson menjelaskan, metode vaksinasi sekarang ini memang menyasar ke tempat-tempat keramaian. Ke depan, pihaknya akan menggelar vaksinasi serupa di warung-warung kopi dan kompleks-kompleks perumahan padat penduduk.

“Prinsipnya sekarang kita akan mendekatkan akses vaksinasi ke kelompok-kelompok masyarakat, termasuk mendatangi kompleks perumahan. Bagi kompleks perumahan yang berminat kami datangi, dapat menghubungi Dinas Kesehatan Kalbar dan Kota Pontianak,” ucap Harisson.

Sebagai informasi, cakupan vaksin di Kalbar hingga Jumat (15/10/2021) sebanyak 1,2 juta orang atau 33 persen untuk vaksin pertama dan 740.000 orang atau 19 persen untuk vaksin kedua

“Sedangkan untuk target vaksinasi kita sebanyak 3,8 juta,” tutup Harisson.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/18/120034878/vaksinasi-jemput-bola-di-kalbar-sasar-tempat-ngumpul-anak-muda-warkop-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke