Salin Artikel

Tragedi Susur Sungai, MTs Harapan Baru Ciamis Terancam Sanksi dari Kemenag

Ancaman sanksinya bermacam-macam, mulai dari yang ringan sampai yang berat.

"Sanksi itu beda-beda, mulai dari penutupan sementara madrasah itu sendiri. Sanksi yang paling berat yaitu penutupan," kata Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Ciamis Asep Lukman Hakim kepada wartawan di Ciamis, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (16/10/2021).

Asep menuturkan, Kemenag Ciamis masih menunggu hasil penyelidikan polisi terkait musibah yang menimpa siswa di sekolah itu.

Kemenag tidak berwenang untuk menentukan ada atau tidaknya kelalaian dalam kegiatan Pramuka yang diselenggarakan oleh sekolah tersebut.

"Kita akan menunggu hasil akhir proses hukum sendiri, yang menentukan nanti benar atau tidaknya bukan di ranah Kemenag," kata Asep.

Ia menyampaikan, kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah merupakan kegiatan resmi yang diperbolehkan oleh pemerintah.

Semua sekolah ada kegiatan Pramuka yang dapat diikuti oleh para siswa.

Namun, menurut Asep, semua kegiatan harus mengutamakan keselamatan para siswa.

Menurut Asep, insiden susur sungai ini menjadi perhatian khusus, sehingga Kemenag Ciamis  mengeluarkan surat edaran berisi larangan kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah, apalagi yang memiliki risiko dan berbahaya bagi keselamatan.

"Pada intinya agar seluruh kegiatan, khususnya kegiatan ekstrakurikuler untuk dilaksanakan di dalam kampus (sekolah), tidak boleh di luar kampus, dan tidak mengandung risiko kecelakaan," kata Asep.


Kemenag menyampaikan belasungkawa bagi keluarga siswa yang menjadi korban kegiatan Pramuka menyusuri Sungai Cileueur, Kecamatan Cijeungjing.

"Mudah-mudahan para korban menjadi syuhada, karena mereka sedang mencari ilmu," kata Asep.

Sebelumnya, 150 siswa MTs Harapan Baru Ciamis mengikuti kegiatan Pramuka di luar lingkungan sekolah.

Salah satu kegiatannya dengan menyusuri sungai.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 21 siswa dan siswi hanyut terbawa arus sungai.

Sebanyak 10 orang selamat, sementara 11 orang meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/17/081011078/tragedi-susur-sungai-mts-harapan-baru-ciamis-terancam-sanksi-dari-kemenag

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke