Salin Artikel

Detik-detik 4 Bus Peziarah Kecelakaan di Tol Tangerang-Merak dan Lukai 19 Penumpang

Kejadian itu mengakibatkan satu orang sopir bernama H Boto meninggal dunia di lokasi. Sedangkan 19 orang mengalami luka-luka.

Penyebab awal terjadinya insiden kecelakaan karena antarbus pariwisata itu tidak menjaga jarak ideal dan melaju dengan kecepatan tinggi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Banten AKBP Shinto Silitonga mengatakan, empat bus PO Komara mulanya melaju secara beriringan dari arah Jakarta menuju Merak.

Setibanya di KM 69, bus paling depan tiba-tiba mengurangi kecepatan.

Namun, bus kedua tidak mengantisipasi sehingga menabrak bus pertama.

Bus ketiga dan keempat juga tak bisa mengantisipasi sehingga terjadi tabrakan beruntun.

"Akibatnya, terdapat satu sopir bus yang meninggal dunia dan 19 orang lainnya luka-luka dan telah dievakuasi di Rumah Sakit Sari Asih, Serang," kata Shinto dari keterangan yang diperoleh Kompas.com, Sabtu (16/10/2021).

Keempat bus yang terlibat kecelakaan bernomor polisi A 7516 ZM, A 7516 ZA, A 7517 ZM, dan A 7537 ZA.


Mendapati laporan kecelakaan, petugas PJR Serang Timur, Direktorat Lantas Polda Banten, dan petugas tol langsung datang ke lokasi untuk mengevakuasi korban dan kendaraan.

"Penyidikan terkait kecelakaan tersebut kini ditangani penyidik Ditlantas Polda Banten," ujar Shinto.

Macet 2 kilometer

Saat terjadi kecelakaan, arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak sempat mengular sepanjang dua kilometer karena kendaraan pembawa peziarah itu berada di jalur satu dan dua.

Namun, kondisi arus lalu lintas menuju Serang maupun Pelabuhan Merak kini sudah lancar. (Penulis Kontributor Serang, Rasyid Ridho | Editor Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2021/10/16/170734578/detik-detik-4-bus-peziarah-kecelakaan-di-tol-tangerang-merak-dan-lukai-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke