Salin Artikel

Saat Menteri Sandiaga Lepas Tukik ke Laut, Teguhkan Desa Wisata Serang Destinasi Berbasis Konservasi Lingkungan

Dalam kunjungan tersebut Menteri Sandi didampingi Bupati Blitar Rini Syarifah, Kepala Desa Serang Dwi Handoko dan sejumlah pejabat, melepaskan bayi-bayi penyu atau tukik kembali ke habitatnya di Laut Selatan Jawa.

Menteri Sandi juga menyaksikan Tari Barong Penyu yang dipentaskan di pesisir pantai.

Kegiatan tersebut merupakan representasi nilai lebih yang dimiliki Desa Wisata Serang sebagai destinasi wisata berwawasan konservasi lingkungan.

Desa Wisata Serang di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo dengan daya tarik utama berupa pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia itu sudah lama menjadikan kegiatan konservasi penyu dan edukasi lingkungan terintegrasi dalam konsep wisatanya.

Kegiatan pelepasan tukik yang telah bertahun-tahun dilakukan, menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung Pantai Serang.

Sedangkan Tari Barong Penyu merupakan tari kreasi baru yang diciptakan untuk menguatkan ikon Pantai Serang sebagai destinasi wisata berwawasan konservasi lingkungan.

Pada kesempatan itu, Menteri Sandiaga memberikan bantuan mesin pompa air dan tangki penampung air untuk digunakan sebagai alat pengisian air kolam penangkaran bayi-bayi penyu yang terletak di salah satu sudut pantai.

"Ini untuk mendukung wisata berbasis konservasi, konservasi penyu. Ini alat untuk memompa air laut ke tangki kemudian dialirkan ke kolam penangkaran penyu," ujar Sandi.

Sandi lantas menyampaikan pentingnya memberikan dukungan pada kegiatan konservasi alam termasuk yang telah lama dirintis oleh Desa Serang di bawah kepemimpinan Kepala Desa Dwi Handoko.

Menurut Sandi, harapan pulihnya ekonomi pariwisata di Pantai Serang salah satunya karena pembangunan jalan lintas selatan (JLS) yang hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Pantai Serang.

"Mudah-mudahan akan membawa lebih banyak kegiatan ke sini, menteri-menteri datang ke sini, pemimpin-pemimpin bangsa, tapi bukan untuk cari jabatan tapi untuk mendorong pariwisata," kata dia.

Sementara itu, Bupati Blitar Rini Syarifah mengutarakan rasa syukurnya atas kunjungan Sandiaga ke Kabupaten Blitar.

Pada kesempatan itu, Rini juga menyampaikan keluhan warga Blitar atas tersendatnya perekonomian sebagai akibat pandemi.

Kedatangan Sandiaga berkaitan dengan penetapan Desa Wisata Serang sebagai salah satu yang terpilih dalam 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kedatangan Sandiaga didahului oleh tim dewan juri yang bekerja untuk proses seleksi mencari 10 desa wisata terbaik versi ADWI 2021.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/16/152454878/saat-menteri-sandiaga-lepas-tukik-ke-laut-teguhkan-desa-wisata-serang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke