Salin Artikel

Tragedi Susur Sungai di Ciamis, 11 Siswa MTS Harapan Baru Tewas, Korban Ditemukan di Sela-sela Batu

Jenazah para korban ditemukan di antara sela-sela batu yang berada di dasar sungai.

Hal tersebut disampaikan Ismael (53), warga Kampung Wetan, Desa Utama Cijeungjing, Ciamis.

Ismael bersama 20 warga setempat ikut menyelam membantu mencari jenazah para korban. Ia bercerita sempat menemukan dua korban saat menyelam.

Kata Ismael, 11 korban yang meninggal ditemukan di antara sela-sela batu setelah dilakukan penyelaman dan evakuasi menggunakan obeng.

Menurutnya lokasi Luewi Ili di ruang Sungai Cileueur Blok Kampung Wetan, Desa Utama sering dijadikan lokasi memancing oleh warga setempat.

"Terlebih seperti sekarang ini, airnya tenang tidak deras. Disini biasanya banyak yang mancing sampai malam. Kalau dibilang angker tidak begitu juga, buktinya banyak yang mancing di sini sampai malam," ujar Ismael, Jumat malam.

Menurutnya di lokasi tersebut berada di belokan. Meski permukaan keliatan tenang, namun di bawah permukaan Leuwi Ili terdapat pusaran air.

"Mungkin diperkirakan airnya dangkal. Karena sekitar Leuwei banyak hamparan baru. Apalagi hari ini arus tidak deras dan malah terlihat tenang karena sudah beberapa hari tidak hujan," katanya.

"Dengan kondisi Leuwi Ili semacam tersebut memang cukup berbahaya untuk dilewati, apalagi bagi yang tidak bisa berenang. Bagi yang bisa berenang juga berbahaya, kalau berenangnya pakai sepatu dan bawa ransel. Leuwi ini kan cukup dalam," ujar Ismael yang mengaku juga sering memancing di Leuwi Ili tersebut.

Menurut dia, dalam sejarah baru kali ini ada korban meninggal di Leuwi Ili.

"Sebelumnya belum ada yang korban disini. Apalagi sampai sebelas orang lagi. Baru kali ini terjadi dalam sejarah. Leuwi ini airnya kelihatan tenang, tapi sampai menelan banyak korban," katanya.

Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membenarkan ada 11 orang siswa yang menjadi korban.

Dari keterangan saksi, ada arus kuat dari hulu ke muara sungai yang menyeret seluruh korban hingga tewas tenggelam.

"Memang kondisi airnya itu tenang, diduga 11 orang pelajar ini terbawa arus yang kuat dan menuju muara sungai," ungkapnya.

Ia menyebut jenazah 11 siswa tersebut ditemukan di satu titik yakni di muara sungai.

"SAR gabungan menemukan para korban berada di sana, semuanya," ungkapnya.

Sampai Jumat malam pukul 22.00 petugas instalasi pemulasaran RSUD Ciamis masih melakukan pemulasaran jenazah korban setelah pihak kepolisian melakukan identifikasi.

Baru satu jenazah yang sudah dibawa ke rumah duka, atas nama Chandra Ryzki Hernawan (12) di Jl Rd Okas Bratakusumah Lingkungan Karang Ciamis.

Sedangkan dua korban selamat yakni Fabian (siswa) dan Tama Yama (guru pembimbing) yang dalam kondisi kritis sempat ditangani di ruang IGD RSU Ciamis sekitar pukul 21.00 sudah masuk ruang ICU.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Misteri Sungai Lokasi Susur Sungai Tempat 11 Siswa MTS Tenggelam di Ciamis, Ada Ini di Bawah Air

https://regional.kompas.com/read/2021/10/16/094900778/tragedi-susur-sungai-di-ciamis-11-siswa-mts-harapan-baru-tewas-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke