Salin Artikel

Tragedi Susur Sungai Ciamis, Air Meluap dari Hulu dan Sapu 11 Siswa MTs Harapan Baru hingga Tewas

Herdiat menyebutkan, hal itu sesuai keterangan para saksi di lokasi.

Sejatinya, air di sungai itu relatif tenang. Namun, pada Jumat siang tiba-tiba ada arus kuat dari hulu ke muara sungai dan menyeret semua korban hingga tewas tenggelam.

"Memang kondisi airnya itu tenang, diduga 11 orang pelajar ini terbawa arus yang kuat dan menuju muara sungai. SAR gabungan menemukan para korban berada di sana, semuanya," ujar Herdiat di lokasi kejadian, Jumat malam.

Herdiat menjelaskan, kegiatan susur sungai telah rutin dilakukan pihak MTs Harapan Baru.

Namun, kali ini kegiatan ekstrakurikuler sekolah tersebut menyebabkan 11 siswa meninggal dunia dan sebagian besar berasal dari luar daerah Ciamis.


"Kami sempat berkunjung mendatangi sekolah MTs Harapan Baru Cijantung dan dari mereka yang ikut melakukan susur sungai, kelas 7 dan 8 ada 150 orang. Sudah kembali ke sekolah 139 orang. Dari 11 orang yang belum kembali ke sekolah, ada delapan laki-laki dan tiga orang perempuan, hingga mereka ditemukan dalam kondisi telah meninggal dunia," ujar Herdiat.

Saat kejadian, beberapa guru yang mendampingi kegiatan itu berupaya menolong para korban, tetapi tak berhasil.

Salah satu guru yang mencoba menolong para korban pingsan di lokasi dan segera mendapatkan pertolongan medis.

"Ada beberapa orang guru pengajar sekarang ini masih mendapat pertolongan setelah mereka berusaha menyelamatkan siswanya, tapi enggak berhasil," ujar Herdiat.

Sebelumnya diberitakan, 11 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jabar, tewas tenggelam saat acara susur sungai kegiatan Pramuka di Sungai Cileueur, Leuwi Ili, Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jumat (15/10/2021).

Ada 150 peserta yang mengikuti kegiatan susur sungai, sebanyak 11 siswa di antaranya meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/16/051900978/tragedi-susur-sungai-ciamis-air-meluap-dari-hulu-dan-sapu-11-siswa-mts

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke