Salin Artikel

12 KK Terisolasi akibat Proyek Tol Cisumdawu, "Curhat" Kekurangan Air dan Bising

Diketahui, wilayah Dusun Cidempet berada di lokasi proyek Tol Cisumdawu sesi V.

Warga Dusun Cidempet, Desa Cibeureuyeuh, Dadan Ramdan (47), mengatakan, Blok Batu Gajah dengan 12 KK saat ini terisolasi akibat pembangunan proyek tol yang sedang berjalan.

"Lokasi wilayah rumah kami ini sekarang terisolasi dan tidak menjadi bagian dari wilayah pembebasan lahan Tol Cisumdawu," ujar Dadan kepada Kompas.com melalui telepon, Kamis (14/10/2021).

Akses keluar masuk jadi sulit

Dadan menuturkan, saat ini, akses keluar masuk dusun yang dilalui warga menggunakan akses yang sama digunakan untuk pembangunan proyek Tol Cisumdawu.

"Dengan seperti ini, keselamatan warga juga terancam. Kalau nanti tol sudah beroperasi, otomatis jalur jalan menuju kampung kami ini juga harus memutar jauh untuk akses keluar masuk kampung," tutur Dadan.

Bising, air ke kampung tersendat

Dadan menyebutkan, selain sulit akses keluar masuk wilayah dusun, saat ini warga juga terganggu akibat aktivitas bising dan getaran dari proyek pengerjaan tol di sekitar lokasi.

"Selama ini, sarana air di kampung kami ini ngulur (nyambung) ke kampung besar yang sekarang terputus akses tol, jadi terganggu juga. Setelah ada proyek tol sekarang, air itu kadang ada kadang tidak ada," sebut Dadan.


Berharap ada pembebasan lahan

"Permintaan kami tidak muluk, hanya berharap pemerintah membebaskan lahan kami ini. Supaya tidak ada kampung yang terisolasi. Dengan kenyataan ini, selain aspek sosial, perekonomian warga juga terganggu," ujar Dadan.

Dadan menambahkan, hingga saat ini warga telah mengupayakan agar lahan mereka dibebaskan melalui surat yang disampaikan pemerintah Desa Cibeureueyeuh kepada pemerintah melalui Badan Pertanahan Nasional/Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Kabupaten Sumedang serta pihak proyek tol.

"Surat resmi permohonan pembebasan lahan yang kini dihuni 12 KK ini sudah dua kali kami sampaikan, tapi belum mendapat respons. Kami rencananya akan menghadap ke bupati Sumedang dalam waktu dekat," kata Dadan. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/14/113041378/12-kk-terisolasi-akibat-proyek-tol-cisumdawu-curhat-kekurangan-air-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke