Salin Artikel

Viral, Video Atlet PON Peraih Emas Pulang Naik Bus Umum ke Ciamis, Ini Ceritanya

Rekaman video kepulangannya tersebut viral di berbagai media sosial lantaran dikira atlet berprestasi asal Ciamis tersebut ditelantarkan pemerintah daerah setempat.

Padahal, kepulangannya pakai angkutan umum tersebut sengaja dilakukannya untuk memberikan kejutan kepada keluarganya. Ia juga enggan dijemput oleh Pemkab Ciamis.

"Iya, benar jadi anak saya itu sengaja naik bus dari Bandung ke Ciamis untuk memberikan kejutan saja. Anak saya mewakili Jawa Barat di PON Papua dan meraih medali emas dan perunggu. Anak saya sengaja enggak mau dijemput oleh perwakilan pemerintahan," jelas Desi Arisyandi, ibu kandung Dheya di rumahnya, Kamis (14/10/2021).

Desi menuturkan, raihan prestasi anaknya selama ini berkat doa bersama khususnya seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis.

Bahkan, sebelum kepulangan anaknya ke kampung halaman, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sempat menelepon akan ada penyambutan khusus.

Saat itu, dirinya menjemput ke Bandung menunggu kepulangan anaknya dari Papua.

Atlet PON pulang naik bus karena tak mau menyusahkan dan tak mau ada kerumunan

"Saya berangkat ke Bandung menunggu anak pulang dari Papua hingga pulang ke Cijantung menggunakan angkutan umum dari Bandung. Karena, memang kepulangan itu sengaja ingin menggunakan bus dan tidak dijemput oleh pemerintah dan atlet yang lain langsung pulang. Kalau atlet lainnya paling banyak berasal dari Bandung," ujar dia.

Desi mengatakan, anaknya merasa bangga bisa meraih medali emas pada PON Papua.

Dhea pun mengaku bahagia selama bertanding, karena selama di Papua warganya baik.

"Pak Bupati ada menelepon dan bilang akan ada syukuran untuk merayakan raihan ini, tapi buat keluarga tetap akan mengikutinya. Tapi alasan kepulangannya ke Cijantung memakai angkutan (bus) karena tak mau menyusahkan. Keluarga melakukan penjemputan ini, karena Dheya ingin naik angkutan umum dan kalau ada penjemputan dilakukan oleh pemerintah ditakutkan ada kerumunan," kata dia.

15 medali PON Papua Jabar disumbang atlet Ciamis

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis Erwan Darmawan mengatakan, atlet Ciamis sangat berkontribusi dalam raihan medali untuk Kontingen Jawa Barat pada PON Papua.

Tercatat sebanyak 15 medali sudah diraih oleh atlet asal Ciamis yakni tujuh emas, empat perak dan empat perunggu.

Para atlet yang berangkat ke Papua ada 13 atlet dan mengikuti 11 cabang olahraga asal Ciamis.

"Atlet yang kami berangkatkan adalah yang terbaik dan yang terpilih di setiap cabang olahraga. Alhamdulillah, hasilnya sekarang ini sangat membanggakan bisa membawa harum Kabupaten Ciamis dengan raihan medali dan sekarang masih ada yang bertanding antara lain dari cabor renang, silat, atletik dan rugby," ujar dia. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/14/105014678/viral-video-atlet-pon-peraih-emas-pulang-naik-bus-umum-ke-ciamis-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke