Salin Artikel

Citilink Bakal Gunakan Pesawat ATR-72 untuk Penerbangan Perdana ke Bandara Ngloram

Citilink akan menjadi maskapai komersil pertama yang membuka rute penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Ngloram.

Senior Manager Citilink, Rahmakika Rahardiasari, menyatakan kesiapannya untuk mendukung pembukaan penerbangan pada akhir Oktober nanti.

"Kesimpulannya kami siap untuk membuka penerbangan di Kabupaten Blora ini. Pesawatnya memakai ATR-72 dahulu," ucap Rahmakika saat rapat koordinasi (rakor) kesiapan operasional penerbangan Bandara Ngloram Cepu di Kantor Bupati Blora, Selasa (12/10/2021).

Rahmakika mengaku akan segera menyiapkan surat permohonan pembukaan jalur penerbangan ke pengelola Bandara Halim Perdanakusuma.

"Mohon doanya semoga seluruh prosesnya berjalan lancar. Sehingga nanti bisa segera kita sosialisasikan agar para calon penumpang dapat booking tiket," ujar dia.

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman mengungkapkan penerbangan perdana pada 29 Oktober mendatang dipastikan menjadi langkah yang baik untuk ke depannya.

"Jadi untuk permulaan kita akan terbang di hari Jumat dan Senin. Namun masih menunggu persetujuan dari pihak Bandara Halim, kalau dari Blora insyallah sudah siap," ucap Arief Rohman.

Sedangkan untuk harga tiket penerbangan, Arief Rohman meminta agar harganya di bawah satu juta rupiah.

"Akhirnya kita enggak pakai subsidi, kita pola murni karena aturan soal subsidi harus penerbangan perintis, sementara kita penerbangan komersil tapi kita minta ke Citilink agar tiketnya jangan mahal-mahal, kita negosiasi di harga Rp 800 sampai Rp 900 ribu," terang dia.


Politisi PKB tersebut itu mengaku siap menjamin ketersediaan penumpang dalam pembukaan penerbangan ini.

Bahkan, dia optimistis penerbangan di wilayah timur Provinsi Jawa Tengah tersebut akan selalu penuh.

“Setiap bulan banyak orang dari berbagai wilayah Indonesia yang mengikuti Diklat Migas di Cepu, belum diaspora sudah banyak yang tanya. Kita juga ajak kabupaten sekitar seperti Bojonegoro, Tuban, Rembang, Ngawi, hingga Grobogan untuk memanfaatkan keberadaan bandara ini. Teman-teman Kementerian juga sudah kita lobi agar bisa melaksanakan meeting di Cepu, Blora sambil berwisata. Insya Allah penumpang akan tercukupi," katanya.

Di sisi lain, Kepala Bandara Ngloram, Ariadi Widiawan, menyampaikan bahwa saat ini kondisi lapangan telah siap untuk penerbangan komersial.

“Landasan 1600 meter sudah mantap dan beberapa kali uji coba, terakhir saat kunjungan 3 Menteri bulan Agustus lalu. Sedangkan terminal sudah jadi, dan penataan halaman serta akses jalan masuk tinggal penyelesaian. Pertamina juga sudah siap menyediakan pengisian bahan bakar pesawat di bandara. Hanya tinggal penataan interior terminal saja. InshaAllah akan siap tancap gas 29 Oktober 2021,” jelas Ariadi.

Dalam waktu dekat, Kementerian Perhubungan bersama Pemkab Blora dan Pemprov Jateng juga akan melakukan pembaharuan MoU agar pengembangan lahan bandara ke depan bisa dilakukan langsung oleh Pemerintah Pusat.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/13/152408078/citilink-bakal-gunakan-pesawat-atr-72-untuk-penerbangan-perdana-ke-bandara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke