Salin Artikel

Pemkab Blitar Targetkan 30.000 Dosis Vaksin Sinovac Habis dalam Waktu 2 Hari, Siapkan 3 Ton Telur untuk Peserta

Selain itu Satgas juga mendapatkan bantuan 2 ton telur yang akan dibagikan pada peserta vaksinasi massal yang digelar di halaman Kantor Pemkab Blitar.

Kepala Seksi Surveilens dan Imunisasi Endro Pramono mengatakan, 30.000 dosis Sinovac tersebut disediakan oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II TNI-AL Surabaya.

Menurutnya hingga Rabu (13/10/2021), sudah ada 7.500 warga yang telah mendaftar vaksidn di Kantor Pemkab Blitar dan ia yakin pelaksanaan vaksinasi massal sesuai dengan rencana.

"Animo masyarakat sepertinya cukup tinggi. Misalnya untuk pelaksanaan di halaman Pemkab sudah ada daftar 7.500 warga. Padahal semula yang disiapkan 6.000 dosis," ujar Endro, Rabu.

Ia menduga antusias warga untuk vaksin di Kantor Pemkab Blitar karena disedikan telur untuk peserta vaksin. Satu orang peserta nantinya akan mendapatkan 8 butir terlur.

Menurut Endro, telur itu merupakan bantuan dari beberapa pihak termasuk dari Korpri Kabupaten Blitar.

"Setiap peserta akan dapat telur 8 butir atau sekitar 0,5 kilogram. Tapi ini hanya untuk peserta yang di Kantor Pemkab," imbuhnya.

Serentak di 22 kecamatan di Pemkab Blitar

Selain di halaman Kantor Pemkab Blitar, vaksinasi juga dilakukan secara serempak di 22 puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Blitar.

"Setiap puskesmas mendapatkan kuota antara 1.000 hingga 3.000 dosis, tergantung kemampuan masing-masing mengundang sasaran," jelas Endro.

Endro berharap, vaksinasi massal selama dua hari tersebut dapat menghabiskan setidaknya 30.000 dosis vaksin bantuan dari Pangkoarmada II Surabaya.

"Kalau dari daftar kesediaan warga sudah melebihi target, tapi tidak tahu nanti pelaksanaannya," ujarnya.

Hingga Selasa (12/10/2021), capaian vaksinasi Kabupaten Blitar mencapai 56,3 persen dari sasaran sebanyak 962.297 warga.

Sementara dosis dua baru menjangkau 32 persen dari sasaran.

Selain masih harus mengejar capaian vaksinasi secara umum, lanjut Endro, pihaknya juga masih memiliki pekerjaan rumah untuk mempercepat vaksinasi kelompok warga usia lanjut (lansia).

Dari 149.398 sasaran warga lansia, baru 24,6 persen lansia yang telah divaksin dosis satu dan 14,3 persen dosis dua.

"Karena ini prioritas, kita akan lebih proaktif nanti, misalnya, dengan mendatangi lansia door to door," ujarnya.

Selain lansia, Endro mengakui capaian vaksinasi kelompok remaja usia 12 tahun ke atas juga masih sangat rendah, yaitu 10,9 persen dosis satu dan 6,7 persen dosis dua dari total sasaran 107.165 orang.

"Tapi mungkin untuk sasaran remaja akan lebih mudah menjangkau karena mereka usia sekolah. Kami dapat bekerja bersama pihak sekolah," jelasnya

Selain dilakukan Pemerintah Kabupaten Blitar, vaksinasi massal juga di lakukan di Kota Blitar yakni di Gedung Kesenian Kota Blitar.

Seperti Kabupaten Blitar, Kota Blitar juga menerima 30.000 dosis Sinovac dari Pangkoarmada II Surabaya.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Asip Agus Hasani | Editor : Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2021/10/13/135500978/pemkab-blitar-targetkan-30.000-dosis-vaksin-sinovac-habis-dalam-waktu-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke